The Influence of Price and Promotion on Consumer Purchase Decisions at Sumber Makmur Kopi Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Sumber Makmur Kopi Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen yang melakukan pembelian di Sumber Makmur Kopi secara langsung. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 65 responden. Teknik sampel pada penelitian menggunakan tipe nonprobability sampling menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner. Uji instrumen yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Hasil uji T menunjukkan bahwa harga dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. hasil uji F menunjukkan bahwa harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Harga, Promosi, dan Keputusan Pembelian
Penulis yang mengusulkan naskahnya untuk dapat diproses penerbitannya pada e-SOSPOL dianggap telah menyetujui beberapa hal sebagai berikut:
1. Penulis tidak dapat menarik naskah yang telah usulkan untuk diproses hingga mendapat jawaban dari Ketua Dewan Penyunting atas status naskah artikel ilmiahnya (diterima atau ditolak untuk diterbitkan).
2. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap kasus plagiasi atas artikel yang terbit pada e-SOSPOL
3. Penerbit tidak bertanggung jawab atas data dan isi dari artikel yang diterbitkan pada e-SOSPOL, dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.