Optimasi Delay Time Bus Rapid Transit Pada Persimpangan Jalan Dengan Model Queue Discharging Time

  • Ridwan Syarif Setiawan Universitas Brawijaya

Abstract

Penelitian ini mengajukan sebuah sistem untuk optimasi layanan transportasi publik saat melewati persimpangan jalan, studi kasus dilakukan pada simpang samsat Bandung. Optimasi dilakukan untuk mengetahui delay time bus menggunakan metode queue discharging time dan objek peneltian yaitu bus rapid transit kota Bandung. Penelitian terbagi menjadi dua langkah utama: delay time model dan kontrol. Berdasarkan hasil dua variabel delay time dilakukanlah perbandingan nilai optimal, sehingga hasil penelitian diperoleh optimasi delay time model dengan pendekatan queue discharging time pada simpang samsat Bandung yaitu 50,5%.

Author Biography

Ridwan Syarif Setiawan, Universitas Brawijaya
Jurusan Teknik Elektro, Magister
Published
2016-08-01
How to Cite
SETIAWAN, Ridwan Syarif. Optimasi Delay Time Bus Rapid Transit Pada Persimpangan Jalan Dengan Model Queue Discharging Time. Jurnal Arus Elektro Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, aug. 2016. ISSN 2443-2318. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/E-JAEI/article/view/2623>. Date accessed: 21 nov. 2019.
Section
Articles