Optimasi Delay Time Bus Rapid Transit Pada Persimpangan Jalan Dengan Model Queue Discharging Time
Abstract
Penelitian ini mengajukan sebuah sistem untuk optimasi layanan transportasi publik saat melewati persimpangan jalan, studi kasus dilakukan pada simpang samsat Bandung. Optimasi dilakukan untuk mengetahui delay time bus menggunakan metode queue discharging time dan objek peneltian yaitu bus rapid transit kota Bandung. Penelitian terbagi menjadi dua langkah utama: delay time model dan kontrol. Berdasarkan hasil dua variabel delay time dilakukanlah perbandingan nilai optimal, sehingga hasil penelitian diperoleh optimasi delay time model dengan pendekatan queue discharging time pada simpang samsat Bandung yaitu 50,5%.
Sebagai penulis yang sesuai naskah dan atau atas nama semua penulis, saya menjamin bahwa :
- Naskah yang diajukan adalah karya asli saya/kami sendiri.
- Naskah belum dipublikasikan dan tidak sedang diajukan atau dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain.
- Teks, ilustrasi, dan bahan lain yang termasuk dalam naskah tidak melanggar hak cipta yang ada atau hak-hak lainnya dari siapa pun.
- Sebagai penulis yang sesuai, saya juga menjamin bahwa "JAEI Editor Journal" tidak akan bertanggung jawab terhadap semua klaim hak cipta dari pihak ketiga atau tuntutan hukum yang dapat diajukan di masa depan, dan bahwa saya akan menjadi satu-satunya orang yang akan bertanggung jawab dalam kasus tersebut.
- Saya juga menjamin bahwa artikel tersebut tidak mengandung pernyataan memfitnah atau melanggar hukum.
- Saya/kami tidak menggunakan metode yang melanggar hukum atau materi selama penelitian.
- Saya/kami memperoleh semua izin hukum yang berkaitan dengan penelitian,
- Saya/kami berpegang pada prinsip-prinsip etika selama penelitian.
- Saya/kami bersedia apabila artikel kami dipublikasikan oleh tim redaksi JAEI