Utilization of Aloe vera as Natural Preservative for Banana Var. Golden Kirana

  • Indinah Dwi Wahyu Palupi
  • Nurul Aliyah
  • Sisca Nur Rohima

Abstract

Buah Pisang Mas kirana kini telah memasuki pasar internasional melalui ekspor ke berbagai negara yang ditunjukkan dengan keikutsertaan buah Pisang Mas Kirana dalam pameran internasional APEC di Bali. Kendala yang dihadapi dalam melakukan pemasaran buah pisang Mas Kirana adalah waktu simpan Pisang Mas yang singkat yaitu dari saat mulai masak sampai dengan busuk sekitar 1 minggu. Lidah buaya (Aloe vera) merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pengawet alami karena di dalamnya terdapat kandungan anti bakteri dan antiseptik yang dapat meningkatkan daya tahan serta Asam Amino yang dapat memberikan perbaikan dan pembentukan regenerasi sel.


Keywords: Lidah Buaya (Aloe vera), Pisang Mas Kirana, bahan pengawet alami

Published
2018-10-01
How to Cite
PALUPI, Indinah Dwi Wahyu; ALIYAH, Nurul; ROHIMA, Sisca Nur. Utilization of Aloe vera as Natural Preservative for Banana Var. Golden Kirana. BIOEDUKASI, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 73-76, oct. 2018. ISSN 2580-0094. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIOED/article/view/9471>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/bioedu.v16i2.9471.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.