MODEL LSTAR (LOGISTIK SMOOTHING TRANSITIONAUTOREGRESSIVE)UNTUK PEMODELAN RETURN SAHAMPADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA DAN PT. BANK NEGARA INDONESIA

  • Puspita Kartikasari
  • Heri Kuswanto

Abstract

Peramalan dengan akurasi tinggi merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam membentuk suatu model peramalan.Salah satu model peramalan yang sering digunakan yaitu model nonlinier. Banyak penelitian melakukan pemodelan dengan menggunakan model nonlinier terutama pada kasus return saham karena para peneliti mengasumsikan bahwa return bergerak secara nonlinier. Data return saham yang dijadikan kasus dalam penelitian ini adalah saham-saham yang tergolong dalam indeks LQ 45. Dua data return saham yang digunakan adalah return saham PT. Bank Rakyat Indonesia dan return saham PT. Bank Negara Indonesia karena return saham kedua bank tersebut dalam keadaan liquid dan stabil. Sebagai langkah awal, pada penelitian ini akan dilakukan pengujian nonlinieritas dengan menggunakan uji Terasvirta. Langkah berikutnya melakukan pemodelan dengan menggunakan model LSTAR (Logistic Smoothing Transition Autoregressive). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data return saham PT. Bank Negara Indonesia dan PT. Bank Rakyat Indonesia mengikuti fenomena nonlinier. Model terbaik yang dihasilkan untuk Bank Rakyat Indonesia memiliki nilai AIC sebesar 31665 sedangkan model terbaik yang dihasilkan untuk Bank Negara Indonesia memiliki nilai AIC sebesar 25883.

Published
2014-11-19
How to Cite
KARTIKASARI, Puspita; KUSWANTO, Heri. MODEL LSTAR (LOGISTIK SMOOTHING TRANSITIONAUTOREGRESSIVE)UNTUK PEMODELAN RETURN SAHAMPADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA DAN PT. BANK NEGARA INDONESIA. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematik, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2014. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/946>. Date accessed: 16 feb. 2019.
Section
Prosiding Seminar Nasional Matematika 2014