ANALISIS SURVIVAL DATA KEJADIAN TIES DENGAN EXACT PARTIAL LIKELIHOODPADACOX REGRESSION; STUDI KASUS DATA SISWA PUTUS SEKOLAH TINGKAT MENEGAH PERTAMA

  • Achmad Budi Susetyo
  • Alfian Futuhul Hadi
  • Dian Anggraeni

Abstract

Abstrak- Tahun 2011, kasus anak putus sekolah merupakan salah satu kasus yang tergolong kasus berat  dan telah mengakar pada setiap sendi kehidupan dunia pendidikan. Sekitar 2,93% atau 3 juta jiwa anak–anak Indonesia tidak bisa menikmati dunia pendidikan dan harus mengalami putus sekolah. Dari jumlah tersebut, sekitar 30.000 jiwa berada di Jawa Timur dan 400 jiwa berada di KabupatenJember. Untuk mengurangi angka tersebut, maka penelitian ini memodelkan waktu survival anak yang beresiko mengalami putus sekolah dengan faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya. Dalam hal ini, kasus difokuskan pada anak usia sekolah menegah pertama dengan tempat penelitian di SMP Negeri 3 SiloKabupatenJember. Metode yang digunakan adalah Cox Regression dengan estimasi koefisien regresi menggunakan Exact Partial Likelihood. Berdasarkan hasil analisis model Cox Regression dengan pendekatan Exact Partial Likelihood memiliki hasil yang lebih baik dibanding dengan model Cox Regression yang menggunakan Efron Partial Likelihood.Ditinjau dari hasil pemodelan Cox Regression, didapat bahwa variabel yang mempengaruhi survival siswa adalah variabel alamat siswa, pekerjaan orang tua, dan pondokan.Hasil analisis survival menunjukkan bahwa semakin tua umur anak yang bersekolah maka daya tahannya semakin menurun.
Published
2014-11-19
How to Cite
SUSETYO, Achmad Budi; HADI, Alfian Futuhul; ANGGRAENI, Dian. ANALISIS SURVIVAL DATA KEJADIAN TIES DENGAN EXACT PARTIAL LIKELIHOODPADACOX REGRESSION; STUDI KASUS DATA SISWA PUTUS SEKOLAH TINGKAT MENEGAH PERTAMA. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematik, [S.l.], v. 1, n. 1, nov. 2014. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/943>. Date accessed: 16 feb. 2019.
Section
Prosiding Seminar Nasional Matematika 2014