PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI SELFSERVICE TECHNOLOGY (SST) TERHADAP PERILAKU NASABAH PRIORITAS

(Studi Kasus di PT. Bank Bukopin, Tbk)

  • Soekma Adie Dharmawan Universitas Jember

Abstract

Abstrak
Artikel ini ditulis bertujuan untuk meneliti pengaruh digitalisasi perbankan melalui Self-Service
Technology (SST) terhadap perilaku nasabah prioritas di PT. Bank Bukopin, Tbk. Kualitas
layanan Self-Service Technology (SST) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kepuasan Self-Service Technology (SST) dan niat perilaku pelanggan. Objek dalam penelitian ini
khususnya kepada nasabah prioritas di PT. Bank Bukopin, Tbk yang menggunakan layanan Self-
Service Technology (SST). Penelitian ini menggunakan analisis faktor eksploratori untuk
mengetahui faktor apa saja dari layanan Self-Service Technology (SST) yang memiliki pengaruh
kuat terhadap perilaku nasabah prioritas di PT. Bank Bukopin, Tbk. Setelah dilakukan analisis
faktor untuk mereduksi faktor-faktor yang ada sebagai variabel independen, kemudian
dilakukan analisis menggunakan model statistik parametrik regresi linier berganda. Uji F dan
uji t juga dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel independen baik
secara simultan maupun parsial terhadap perilaku nasabah prioritas PT. Bank Bukopin, Tbk
sebagai variabel dependen.
Kata Kunci: Self-Service Technology (SST), Nasabah Prioritas, Perilaku Pelanggan,
Analisis Eksploratori.

Published
2018-12-11
How to Cite
DHARMAWAN, Soekma Adie. PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI SELFSERVICE TECHNOLOGY (SST) TERHADAP PERILAKU NASABAH PRIORITAS. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9217>. Date accessed: 21 nov. 2024.