PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI SELFSERVICE TECHNOLOGY (SST) TERHADAP PERILAKU NASABAH PRIORITAS
(Studi Kasus di PT. Bank Bukopin, Tbk)
Abstract
Abstrak
Artikel ini ditulis bertujuan untuk meneliti pengaruh digitalisasi perbankan melalui Self-Service
Technology (SST) terhadap perilaku nasabah prioritas di PT. Bank Bukopin, Tbk. Kualitas
layanan Self-Service Technology (SST) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kepuasan Self-Service Technology (SST) dan niat perilaku pelanggan. Objek dalam penelitian ini
khususnya kepada nasabah prioritas di PT. Bank Bukopin, Tbk yang menggunakan layanan Self-
Service Technology (SST). Penelitian ini menggunakan analisis faktor eksploratori untuk
mengetahui faktor apa saja dari layanan Self-Service Technology (SST) yang memiliki pengaruh
kuat terhadap perilaku nasabah prioritas di PT. Bank Bukopin, Tbk. Setelah dilakukan analisis
faktor untuk mereduksi faktor-faktor yang ada sebagai variabel independen, kemudian
dilakukan analisis menggunakan model statistik parametrik regresi linier berganda. Uji F dan
uji t juga dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel independen baik
secara simultan maupun parsial terhadap perilaku nasabah prioritas PT. Bank Bukopin, Tbk
sebagai variabel dependen.
Kata Kunci: Self-Service Technology (SST), Nasabah Prioritas, Perilaku Pelanggan,
Analisis Eksploratori.