PENGARUH BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY, DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP NIAT BELI HONDA PCX 150
(Studi Pada Komunitas Sepeda Motor Matic di Surabaya Pusat)
Abstract
Abstrak
Transportasi telah menjadi bagian yang penting dari kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan
transportasi merupakan sarana utama bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk
bergerak dan berpindah dari suatu tempat ke tempat yang tiap masanya selalu berkembang
dengan cepat baik dari segi teknologi maupun inovasi. Sehingga perusahaan harus menyiapkan
strategi dan inovasi dalam memasarkan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
dan membahas pengaruh brand awareness, perceived quality dan kelompok acuan terhadap
niat beli Honda PCX.Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel yang
digunakan sebanyak 208 orang. Responden dalam penelitian ini adalah anggota komunitas
sepeda motor matic di Surabaya Pusat dengan usia mulai dari 19 tahun atau dewasa awal
hingga 39 tahun. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Alat ukur yang digunakan adalah
angket. Analisis data dengan menggunakan model persamaan regresi linier berganda.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari brand awarenes terhadap
niat beli,terdapat pengaruh signifikan dari perceived quality terhadap niat beli, dan terdapat
pengaruh signifikan dari kelompok acuan terhadap niat beli.
Kata Kunci: Brand Awareness, kelompok acuan, Niat Beli, Perceived Quality