PENERAPAN MARKETING MIX DALAM MENINGKATAN PENJUALAN JASA BISNIS PERHOTELAN

  • Adhiimsyah Luthfi Universitas Jember
  • Aldila Intaniar Widyaningrat Universitas Jember

Abstract

Abstrak
Tujuan bisnis hotel adalah membuat hotel dengan tingkat hunian yang tinggi, membuat tamu
terkesan dengan hotel dan senang baik dari sisi pelayanan, suasana di dalam dan di luar hotel
maupun harga yang ditawarkan ke tamu. Marketing mix sangat penting dalam menghadapi
persaingan bisnis perhotelan karena perangkat pemasaran ini akan dapat mengidentifikasi
elemen bisnis hotel secara lebih detail. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
studi literatur yaitu dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis, baik
berupa jurnal-jurnal, arsip, majalah, buku-buku, artikel-artikel atau dokumen-dokumen yang
relevan sehingga informasi yang didapat dari studi kepustakaan ini dijadikan rujukan untuk
memperkuat argumentasi-argumentasi yang ada. Pada bisnis hotel Semua penerapan elemen
marketing mix harus dilakukan secara baik. Hotel harus mampu menawarkan produk, baik
produk fisik dan non fisik (pelayanan jasa). Produk fisik yang bertujuan untuk mendukung
penjualan hotel atau produk non fisik sehingga dapat menarik minat tamu / konsumen untuk
memilih hotelnya dan meningkatkan lamanya tamu menginap. Penerapan Marketing Mix yang
dilakukan secara baik dan konsisten bertujuan untuk mengejar kepuasan konsumen,
kepercayaan (trust) konsumen, serta menjaga konsumen untuk tetap merasa loyal
mendapatkan fasilitas dan layanan yang sangat memadai.
Kata Kunci: Elemen, Marketing mix, studi literatur, trust.

Published
2018-12-11
How to Cite
LUTHFI, Adhiimsyah; WIDYANINGRAT, Aldila Intaniar. PENERAPAN MARKETING MIX DALAM MENINGKATAN PENJUALAN JASA BISNIS PERHOTELAN. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. ISSN 0000-0000. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9184>. Date accessed: 25 mar. 2019.