KONSEP CITY BRANDING SEBUAH PENDEKATAN “THE CITY BRAND HEXAGON” PADA PEMBENTUKAN IDENTITAS KOTA

  • Adhiimsyah Luthfi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
  • Aldila Intaniar Widyaningrat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember

Abstract

Abstrak
Artikel ini merupakan sebuah aplikasi konsep city branding yang dikemukakan oleh Simon
Anholt dengan model pengukur city branding yang disebut dengan The City Brand Hexagon.
Konsep city branding sangat diperlukan suatu kota untuk membentuk sebuah identitas yang
berkesan positif baik untuk wisatawan maupun menarik investor. Beberapa penelitian
mengenai implementasi city branding baik di kota – kota besar seperti di benua Eropa (London,
Paris, Berlin, Roma, dan Madrid) telah dilakukan dan menghasilkan city branding yang berbeda
di tiap – tiap kota tersebut bergantung pada kebutuhan kota untuk mendapatkan keunggulan
kompetitif. Selain itu, beberapa penelitian city branding juga diterapkan di Indonesia, dengan
hasil yang berbeda pula. Hal tersebut diakarenakan harus ada keselerasan antara pemerintah,
masyarakat setempat, pelaku bisnis, wisatawan serta investor agar konsep city branding
berhasil menciptkan citra kota yang positif.
Kata kunci : citra kota, city branding, the city brand hexagon, Simon Anholt

Published
2018-12-11
How to Cite
LUTHFI, Adhiimsyah; WIDYANINGRAT, Aldila Intaniar. KONSEP CITY BRANDING SEBUAH PENDEKATAN “THE CITY BRAND HEXAGON” PADA PEMBENTUKAN IDENTITAS KOTA. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. ISSN 0000-0000. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9178>. Date accessed: 17 june 2019.