PENGARUH NILAI PELANGGAN, KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENUMPANG KERETA API SRI TANJUNG JEMBERYOGYAKARTA PT. KAI DAOP IX JEMBER

  • Diah Yulisetiarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Ketut Indraningrat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember
  • Hafifatul Hijriah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, kualitas layanan, harga,
dan kepercayaan terhadap loyalitas melalui kepuasan penumpang kereta api Sri Tanjung
Jember-Yogyakarta PT. KAI Daop IX Jember. Populasi penelitian ini adalah seluruh penumpang
kereta api Sri Tanjung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling
dengan sampel sebanyak 120 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur
(path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pelanggan tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Nilai pelanggan tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kualitas layanan berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas konsumen. Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci: harga, kualitas, kepuasan, kepercayaan, loyalitas, nilai

Published
2018-12-11
How to Cite
YULISETIARINI, Diah; INDRANINGRAT, Ketut; HIJRIAH, Hafifatul. PENGARUH NILAI PELANGGAN, KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENUMPANG KERETA API SRI TANJUNG JEMBERYOGYAKARTA PT. KAI DAOP IX JEMBER. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9176>. Date accessed: 19 apr. 2024.