PERUMUSAN STRATEGI DENGAN ANALISIS SWOT PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH
(Studi Kasus UMKM Produk Sepatu di Mojokerto, Jawa Timur)
Abstract
Abstrak
Strategi bisnis sepatu di Mojokerto agar dapat bertahan dan bersaing dengan usaha lain yang
sejenis. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, wawancara, daftar peryataan dan dokumentasi. Informasi penelitian
dilakukan diseluruh UMKM sepatu Mojokerto dengan dengan karakteritik tertentu. Analisa
data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif diskriptif dengan alat analisis SWOT,
IFAS, EFAS, IE. Analisis ini memperhatikan faktor lingkungan internal (Strengths dan
Opportunities) dan lingkungan eksternal (Weaknesses dan Threats). Hasil analisis IFAS matrik
menunjukkan skor nilai diatas rata-rata dari keseluruhan faktor internalnya. Analisis EFAS
matrik menunjukan skor nilai diatas rata-rata dari keseluruhan faktor eksternalnya. Analisis
dengan menggunakan SWOT matrik menunjukkan skor nilai terbesar pada strategi Strenghts
Opportunities (SO). Hasil analisis dengan Internal Eksternal (IE) matrik menunjukkan posisi
UMKM produk sepatu di Mojokerto pada kuadran IV yang menunjukkan pada posisi kuat
sedangkan analisis lingkungan eksternal pada posisi sedang. Posisi ini mengindikasikan UMKM
sepatu Mojokerto dalam kondisi tumbuh dan membangun (grow and built). Strategi yang bisa
diterapkan yaitu dengan strategi Strenght Opportunity (SO) dengan memaksimalkan kekuatan
yang dimiliki dan memperhatikan peluang pasar. Strategi ini perlu ditunjang dengan
peningkatan SDM (performance of human resourch), penetrasi pasar (market penetration),
pengembangan pasar (market development), dan pengembangan produk (product
development).
Kata kunci: Strategi bisnis, Strengths, Threats, Opportunities, Weakneses