IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KRITIS DALAM MINAT BERKUNJUNG KEMBALI KE WISATA RELIGI

  • Riza Bahtiar Sulistyan STIE Widya Gama Lumajang
  • Kurniawan Yunus Ariyono STIE Widya Gama Lumajang
  • Muchamad Taufiq STIE Widya Gama Lumajang

Abstract

Abstrak
Wisata religi merupakan salah satu fenomena yang saat ini mulai memasyarakat, hal itu
dibuktikannya banyak aktifitas atau kegiatan yang dikaitkan dengan wisata religi tidak
terkecuali kegiatan dakwah. Di beberapa kelompok masyarakat, wisata religi ini sering
dijadikan sebagai kegiatan rutinan baik bulanan, tahunan dan sebagainya. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah terjadinya minat berkunjung kembali meskipun sudah beberapa kali
melakukan kunjungan wisata religi ditempat yang sama. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengidentifikasi faktor-faktor kritis dalam minat berkunjung kembali ke wisata religi.
Pendekatan yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa daya tarik berpengaruh signifikan terhadap minat wisatawan untuk berkunjung kembali.
Artinya semakin baik daya tariknya, maka wisatawan semakin berminat untuk melakukan
kunjungan kembali. Kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap minat wisatawan
untuk berkunjung kembali. Artinya semakin puas wisatawan, maka akan semakin berminat
untuk melakukan kunjungan kembali. Daya tarik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
wisatawan. Artinya semakin bagus daya tariknya, maka akan semakin puas wisatawan.
Kata Kunci: DayaTarik, Kepuasan, Minat Berkunjung Kembali, Wisata Religi.

Published
2018-12-11
How to Cite
SULISTYAN, Riza Bahtiar; ARIYONO, Kurniawan Yunus; TAUFIQ, Muchamad. IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KRITIS DALAM MINAT BERKUNJUNG KEMBALI KE WISATA RELIGI. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9166>. Date accessed: 21 nov. 2024.