STRATEGI MENINGKATKAN DAYA TARIK KUD KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN SOSIAL DAN PENGEMBANGAN INTERNAL

  • Vellya Wahyu Nur Istianti Universitas Jember
  • Leni Krismawati Universitas Jember
  • Muchammad Alkaysu Dana Habiby Universitas Jember

Abstract

Abstrak
Menurut Undang-Undang, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan
hukum yang melaksanakan kegiatan berdasar prinsip koperasi, sehingga sebagai gerakan
ekonomi rakyat yang berasas kekeluargaan. Salah satunya adalah koperasi unit desa, yaitu
lembaga pedesaan yang memiliki peran penting terhadap pembangunan sektor pertanian.
Seiring berjalannya waktu koperasi unit desa mulai menurun. Perlu adanya strategi untuk
mengembalikan kejayaan Koperasi Unit Desa sebagai wahana penghimpun potensi ekonomi
masyarakat pedesaan. KUD perlu diperkokoh dan dimantapkan melalui upaya dan langkahlangkah
pembinaan dan pengembangan yang lebih intensif dan terpadu secara berdaya dan
berhasil guna. tujuan penelitian untuk mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi
penurunan daya koperasi unit desa serta meningkatkan strategi koperasi unit desa di kalangan
masyarakat. Penyebab menurunnya koperasi unit desa karena masyarakat lebih memilih
beralih ke toko modern berbasis online, kurangnya penyiapan insentif yang jelas dalam sisi
harga jual petani serta kurangnya penguatan kelembagaan koperasi. Sebab itu butuh strategi
baru untuk mengembangkan perkoperasian dengan dilaksanakannya survei lapangan dan
dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah menggunakan kuesioner, yang akan
menghasilkan data primer dari masyarakat.
Kata Kunci: Strategi, Daya tarik, Koperasi Unit Desa (KUD)

Published
2018-12-11
How to Cite
ISTIANTI, Vellya Wahyu Nur; KRISMAWATI, Leni; HABIBY, Muchammad Alkaysu Dana. STRATEGI MENINGKATKAN DAYA TARIK KUD KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN SOSIAL DAN PENGEMBANGAN INTERNAL. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9165>. Date accessed: 21 nov. 2024.