VLOGGER SEBAGAI SALURAN MENUJU GENERASI MILENIAL PRODUKTIF INDONESIA
Abstract
Abstrak
Pada dasarnya, manusia suka diperhatikan. Terutama di era ini di mana internet telah menjadi
kebutuhan dasar, media sosial telah berkembang dengan cepat dan ada berbagai jenis media
sosial. Hal ini tentunya membuat orang berlomba untuk menunjukkan kualitasnya melalui
berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, Path, Twitter, dan YouTube. Di youtube,
mereka membuat video sekreatif mungkin sehingga mereka dapat menarik banyak pemirsa
dan menjadi lebih terkenal. Ada berbagai konten video. Mulai dari berita, politik, hiburan, dan
salah satunya adalah blog video (vlog). Pencipta konten vlog (vlogger) membuat berbagai jenis
vlog seperti harian, perjalanan, makanan, permainan, ulasan dan unboxing, dan kecantikan. Dari
vlog yang mereka buat, vlogger akan mendapatkan bagian dari pendapatan youtube untuk iklan
yang terdapat dalam video mereka dan popularitas mereka membuat banyak merek yang
menawarkan kerjasama sehingga produk mereka dipromosikan. Ini membuat para vlogger
mendapat banyak uang. Sekarang, vlogger menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan bagi
generasi muda. Dalam jurnal ini kita akan membahas tentang potensi ekonomi seorang vlogger
yang akan mempengaruhi kemajuan generasi muda Indonesia menjadi generasi produktif.
Kata kunci: Ekonomi, Generasi, Media, Produktif, Sosial, Vlogger.