PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH PADA MASYARAKAT DI KOTA JEMBER

  • Tri Palupi Robustin STIE Widya Gama Lumajang
  • Anisatul Fauziah STIE Widya Gama Lumajang

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan
pembelian kosmetik wardah pada masyarakat di Kota Jember, (2) mengetahui pengaruh word
of mouth terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada masyarakat di Kota Jember, (3)
mengetahui pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian
kosmetik wardah pada masyarakat di Kota Jember. Rancangan penelitian berdasarkan
tujuannya adalah termasuk penelitian eksplanatori (explanatory research). Populasi penelitian
adalah konsumen yang memakai kosmetik wardah yang ada di Kabupaten Jember, dan diambil
sampel keseluruhan sebanyak 45 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi
berganda dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas
produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap pembelian kosmetik wardah pada
masyarakat di Kota Jember, (2) Word of mouth berpengaruh signifikan secara parsial terhadap
pembelian kosmetik wardah pada masyarakat di Kota Jember, (3) Kualitas produk dan Word of
mouth berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik
wardah pada masyarakat di Kota Jember.
Kata-kata Kunci: Kualitas Produk, Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Kosmetik
Wardah.

Published
2018-12-11
How to Cite
ROBUSTIN, Tri Palupi; FAUZIAH, Anisatul. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH PADA MASYARAKAT DI KOTA JEMBER. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9139>. Date accessed: 21 nov. 2024.