PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP EQUITAS MEREK: MEDIASI KREDIBILITAS MEREK

  • M.Aby Yazid Al-Bustomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
  • Handri Dian Wahyudi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak endorser credibility pada ekuitas merek. Peran
mediasi dari kredibilitas merek juga dilakukan dalam penelitian in. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survey untuk memperoleh data. Populasi penelitian ini
adalah mahasiswa jenjang sarjana yang berjumlah 137 responden dan sampel penelitian
berjumlah 113 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner tertutup kepada responden. Data
di analisis dengan Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil
penelitian menunjukkan endorser credibility memiliki pengaruh positif pada kredibilitas merk,
endorser credibility memmiliki pengaruh positif pada equitas merk, kredibilitas merk
berpengaruh positif pada equitas merk. Krediblitas merk juga terbukti menjadi mediasi antara
endorser credibility dan equitas merk. Penelitian ini menunjukkan bahwa seorang celebrity
endorser haruslah orang yang dianggap kredibel berdasarkan daya tarik, keahlian, dan
kepercayaan mereka. Kredibilitas endorser tersebut terbukti mampu membangun kredibilitas
merek.
Kata-kata Kunci: Endorser Credibility, Kredibilitas Merk, Ekuitas Merk

Published
2018-12-11
How to Cite
AL-BUSTOMI, M.Aby Yazid; WAHYUDI, Handri Dian. PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP EQUITAS MEREK: MEDIASI KREDIBILITAS MEREK. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], dec. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9134>. Date accessed: 21 nov. 2024.