FENOMENOLOGI SEWA TANAH BENGKOK MODEL LOTRE SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN PERANGKAT DESA (Studi Kasus Pada Perangkat Desa Tawangrejo Kec. Wonodadi Kab. Blitar)

  • Henny Indarriyanti
  • Devy Intan Faradina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penentuan sewa tanah bengkok sebagai peningkatan pendapatan perangkat desa yang digunakan Desa Tawangrejo, yaitu dengan menggunakan model lotre sebagaiĀ  penentuan sewa. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana penerapan sewa model lotre yang dilakukan oleh pihak kantor desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus, teknik yang digunakan untuk mendapatkan informasi yaitu dengan wawancara sebagai metode untuk mencari data. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa praktik penyewaan yang dilakukan oleh perangkat desa dengan menggunakan model lotre sebagai strategi untuk meningkatkan penghasilan. Yaitu dengan menyewakan tanah bengkok yang diberikan kepada perangkat desa sebagai tunjangan selama menjabat.

Published
2018-01-22
How to Cite
INDARRIYANTI, Henny; FARADINA, Devy Intan. FENOMENOLOGI SEWA TANAH BENGKOK MODEL LOTRE SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN PERANGKAT DESA (Studi Kasus Pada Perangkat Desa Tawangrejo Kec. Wonodadi Kab. Blitar). UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 575-582, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6725>. Date accessed: 24 apr. 2024.