TRANSPARANSI PENGELOLAAN LAPORAN KEUANGAN BUMDes TERHADAP PELAPORAN ASET DESA (Studi Fenomenologi Pada BUMDes Desa Karangbendo Kec Ponggok Kab Blitar)

  • Dina Irawati
  • Diana Elvianita Martanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses transparansi pengelolaan laporan keuangan yang dimiliki oleh BUMDes terhadap pelaporan aset desa, baik secara segi pengakuan maupun respon dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah praktik dari akuntansi yang bersifat transparan dalam bentuk laporan keuangan yang dimiliki oleh BUMDes dan  pihak Kantor Desa Karangbendo dalam melaporkan pertambahan aset yang dimiliki oleh instansi dengan panduan “Buku Data Tanah Di Desa Atau Kelurahan Asal Kebupaten”

Published
2018-01-22
How to Cite
IRAWATI, Dina; MARTANTI, Diana Elvianita. TRANSPARANSI PENGELOLAAN LAPORAN KEUANGAN BUMDes TERHADAP PELAPORAN ASET DESA (Studi Fenomenologi Pada BUMDes Desa Karangbendo Kec Ponggok Kab Blitar). UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 41-51, jan. 2018. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6665>. Date accessed: 03 july 2024.