PERAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) RUKUN SANTOSO DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA KAJARHARJO TAHUN 2010-2017

  • Abdul Malik Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember

Abstract

Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) merupakan kumpulan dari beberapa kelompok tani yang berada dalam satu lingkup desa. Dengan adanya gapoktan di suatu desa dapat menfasilitasi pemecahan masalah yang dihadapi petani dari berbagai kelompok tani lainnya yang tergabung dalam gapoktan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana sejarah berdirinya Gabungan Kelompok Tani Rukun Santoso; 2) Peran gabungan kelompok tani Rukun Santoso (2010-2017) dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga; 3) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi gabungan kelompok tani Rukun Santoso dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode sejarah dengan tahapan-tahapan pemilihan topik, heuristik, kritik sumber (kritik ekstern dan intern), interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam makalah ini adalah pendekatan sosiologi-ekonomi. Pendekatan sosiologi- ekonomi yaitu suatu pendekatan yang menganalisis mengenai tingkah laku individu atau kelompok yang melakukan interaksi dalam proses pemenuhan kebutuhan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah perubahan sosial ekonomi. Hasil kajian menunjukkan bahwa gabungan kelompok tani Rukun Santoso pertama didirikan pada tahun 2007, awal pembentukan Gapoktan Rukun Santoso diharapkan bisa membantu para petani dalam menjalankan roda pertaniannya, sehingga bisa menjadi wadah bagi petani untuk saling bertukar informasi tentang pertanian. Pada tahun 2013 Gapoktan Rukun Santoso berhasil meraih predikat sebagai gapoktan terbaik nasional, pada tahun yang sama Gapoktan Rukun Santoso berhasil memecahkan rekor MURI dengan tanam bersama sebanyak 1.701 orang.
Kata kunci: gapoktan berprestasi, kesejahteraan petani, peran gapoktan

Published
2020-10-01
How to Cite
MALIK, Abdul. PERAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) RUKUN SANTOSO DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA KAJARHARJO TAHUN 2010-2017. UNEJ e-Proceeding, [S.l.], p. 687-695, oct. 2020. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/20028>. Date accessed: 02 may 2024.