BUDAYA LITERASI (BACA-TULIS) DAN HOAKS DI ERA DISRUPSI
Abstract
Tulisan ini bertujuan memaparkan budaya literasi (baca-tulis) di era disrupsi untuk menghalau hoaks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif dilakukan untuk menggambarkan hal yang sebenarnya mengenai suatu variabel yang belum jelas dengan pengambilan data yang telah terkumpul dan membuat analisis kesimpulan secara sistematis dan akurat. Data dan informasi diperoleh dari hasil studi pustaka dan dokumentasi. Studi pustaka dan dokumentasi digunakan untuk menguatkan bukti nyata bahwa budaya literasi (baca-tulis) dapat menghalau hoaks yang sering terjadi di tengah kehidupan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya literasi merupakan proses penyadaran dan peningkatan harkat kemanusiaan serta potensi yang dimiliki manusia dalam menghadapi hoaks di era disrupsi. Orang perlu mencari afirmasi, konfirmasi, dan dukungan terhadap keyakinan yang dimilikinya terhadap hoaks dengan budaya literasi (baca-tulis) di era disrupsi.
Kata kunci: hoaks, budaya literasi, membaca, menulis