TY - JOUR AU - Priantoro, Boedi PY - 2018 TI - INOVASI CITY BRANDING KOTA JEMBER MELALUI INDUSTRI KREATIF KARNAVAL DENGAN PENDEKATAN QUADRUPLE HELIX JF - UNEJ e-Proceeding; 2018: Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis III (SNMB3) KW - N2 - Abstrak Dalam era saat ini setiap daerah baik Pemerintah provinsi, pemerintah kota, maupun kabupaten berlomba-lomba meningkatkan kemajuan daerahnya masing-masing, salah satunya meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata. Sektor ini memang menawarkan pendapatan yang luar biasa untuk menggerakkan ekonomi didaerah tersebut. Untuk itu perlu perencanaan kalendar event daerah setempat dan pembangunan serta perbaikan fasilitas penunjang untuk pariwisata tersebut. Jember adalah kota yang kaya akan hasil bumi berupa tembakau, kopi, cocoa, coklat, padi dan jagung, serta merupakan kota yang mempunyai geografis berupa pegunungan dan mempunyai garis pantai. Banyak sekali yang bisa dikelolah untuk menarik wisatawan domestik maupun asing datang ke kota Jember, seperti wisata religi ( haul atau sholawat ), wisata pantai ( Papuma dan Watu ulo ), wisata pegunungan ( air terjun tancak ), wisata agro ( Penelitian Kopi da Kakao Jember, Rumah Tembakau ). Namun adapula inovasi Kreatif yang di inisiatifi putera jember Dynand Fariz berupa fashion dan Karnaval merupakan salah satu industri kreatif yang menonjol dalam hal untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Model Inovasi Quadruple Helix merupakan suatu model yang tepat untuk dapat melakukan branding kota jember dengan industri kreatif karnaval tersebut. Dimana model inovasi ini merupakan model yang terdiri dari kebijakan pemerintah, universitas, industri serta masyarakat sipil yang saling berhubungan dan berinteraksi secara efektif dan efesien menuju pengembangan kota jember dalam bidang pariwisata. Kata Kunci : Ekonomi Daerah, Inovasi, Industri Kreatif, Qudruple Helix UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9171