HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA

  • Iis Intan Widiyowati FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa dikarenakan karakteristik dari ilmu kimia yang sifatnya abstrak, salah satunya adalah materi ikatan kimia. Siswa tidak biasa mengenali konsep-konsep kunci atau hubungan antar konsep yang diperlukan untuk memahami dan membangun konsep-konsep kimia yang fundamental pada awal mereka belajar kimia. Kemampuan siswa dalam memahami konsep kimia sudah pasti sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kimia sehingga dapat dipastikan berimbas pada hasil belajar kimia. Hubungan antar konsep dalam pembelajaran kimia sangat penting, karena dengan penguasaan dan pemahaman konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari kimia. Penelitian ini memiliki berbagai tujuan yaitu sebagai berikut: (i) untuk mengetahui pemahaman konsep dasar struktur atom yang berkaitan dengan pokok bahasan ikatan kimia siswa kelas X SMA, (ii) untuk mengetahui pemahaman konsep  dasar sistem periodik unsur yang berkaitan dengan pokok bahasan ikatan kimia siswa kelas X SMA, (iii) untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa kelas X SMA  pada pokok bahasan ikatan kimia, (iv) untuk mengetahui hubungan yang signifikan atau tidak antara pemahaman konsep struktur atom dan sistem periodik unsur dengan hasil belajar kimia pada pokok bahasan ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang terdiri dari tiga variabel, yaitu materi struktur atom dan sistem periodik unsur sebagai variabel bebas dan hasil belajar kimia pada pokok bahasan ikatan kimia sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang diambil adalah tes tertulis sedangkan teknik analisa data yaitu dengan menggunakan statistic korelasi product moment dan analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil perhitungan ketiga variabel yang telah diteliti maka didapatkan hasil sebagai berikut Fhitung = 11,704 dan  Ftabel = 3,26 pada taraf signifikan 5%. Dapat diartikan  Fhitung > Ftabel , sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep struktur atom dan sistem periodik unsur terhadap hasil belajar ikatan kimia.

Kata Kunci: Pemahaman konsep, belajar, hasil belajar, materi struktur atom,  sistem periodik unsur dan ikatan kimia.

Author Biography

Iis Intan Widiyowati, FKIP UNEJ

HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA

Iis Intan Widiyowati[1]

 

Abstrak. Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa dikarenakan karakteristik dari ilmu kimia yang sifatnya abstrak, salah satunya adalah materi ikatan kimia. Siswa tidak biasa mengenali konsep-konsep kunci atau hubungan antar konsep yang diperlukan untuk memahami dan membangun konsep-konsep kimia yang fundamental pada awal mereka belajar kimia. Kemampuan siswa dalam memahami konsep kimia sudah pasti sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kimia sehingga dapat dipastikan berimbas pada hasil belajar kimia. Hubungan antar konsep dalam pembelajaran kimia sangat penting, karena dengan penguasaan dan pemahaman konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari kimia. Penelitian ini memiliki berbagai tujuan yaitu sebagai berikut: (i) untuk mengetahui pemahaman konsep dasar struktur atom yang berkaitan dengan pokok bahasan ikatan kimia siswa kelas X SMA, (ii) untuk mengetahui pemahaman konsep  dasar sistem periodik unsur yang berkaitan dengan pokok bahasan ikatan kimia siswa kelas X SMA, (iii) untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa kelas X SMA  pada pokok bahasan ikatan kimia, (iv) untuk mengetahui hubungan yang signifikan atau tidak antara pemahaman konsep struktur atom dan sistem periodik unsur dengan hasil belajar kimia pada pokok bahasan ikatan kimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang terdiri dari tiga variabel, yaitu materi struktur atom dan sistem periodik unsur sebagai variabel bebas dan hasil belajar kimia pada pokok bahasan ikatan kimia sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang diambil adalah tes tertulis sedangkan teknik analisa data yaitu dengan menggunakan statistic korelasi product moment dan analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil perhitungan ketiga variabel yang telah diteliti maka didapatkan hasil sebagai berikut Fhitung = 11,704 dan  Ftabel = 3,26 pada taraf signifikan 5%. Dapat diartikan  Fhitung > Ftabel , sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep struktur atom dan sistem periodik unsur terhadap hasil belajar ikatan kimia.

Kata Kunci: Pemahaman konsep, belajar, hasil belajar, materi struktur atom,  sistem periodik unsur dan ikatan kimia.

 


[1] Dosen Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarman Samarinda

Published
2014-11-01
How to Cite
WIDIYOWATI, Iis Intan. HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 99-116, nov. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/989>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles