MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF ABJAD MELALUI TEKNIK MENULIS DI UDARA PADA SISWA KELAS 1 B SDN KLATAKAN 02 JEMBER

  • K Kustiyah FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Bahasa indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar di semus jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi. Mengingat begitu pentingnya mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka harus ditanamkan sejak dini.Untuk mencapai hal tersebut di atas, guru harus pandai-pandai menentukan strategi yang tepat. Berdasarkan pengamatan, kemampuan menulis huruf abjad pada siswa kelas I B masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad melalui teknik menulis di udara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuanmenulis huruf abjad melalui teknik menulis di udara dan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan teknik menulis di udara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Aktifitas menulis di udara meningkat 36,6% dan aktivitas menulis pada buku meningkat 26.6%. Pada siklus I rata rata kemampuan menulis siswa adalah 61, sedangkan pada siklus II adalah 72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik menulis di udara dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad siswa kelas I B SDN Klatakan 02 Jember.

Kata kunci : teknik menulis di udara, pembelajaran bahasa indonesia


Author Biography

K Kustiyah, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF ABJAD  MELALUI TEKNIK MENULIS DI UDARA PADA SISWA KELAS 1 B SDN KLATAKAN 02 JEMBER

Kustiyah[1]

Abstrak. Bahasa indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar di semus jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi. Mengingat begitu pentingnya mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka harus ditanamkan sejak dini.Untuk mencapai hal tersebut di atas, guru harus pandai-pandai menentukan strategi yang tepat. Berdasarkan pengamatan, kemampuan menulis huruf abjad pada siswa kelas I B masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad melalui teknik menulis di udara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuanmenulis huruf abjad melalui teknik menulis di udara dan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan teknik menulis di udara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Aktifitas menulis di udara meningkat 36,6% dan aktivitas menulis pada buku meningkat 26.6%. Pada siklus I rata rata kemampuan menulis siswa adalah 61, sedangkan pada siklus II adalah 72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik menulis di udara dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad siswa kelas I B SDN Klatakan 02 Jember.

Kata kunci : teknik menulis di udara, pembelajaran bahasa indonesia


[1] Guru Kelas IB SDN Klatakan 02 Kabupaten Jember

Published
2014-05-01
How to Cite
KUSTIYAH, K. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF ABJAD MELALUI TEKNIK MENULIS DI UDARA PADA SISWA KELAS 1 B SDN KLATAKAN 02 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 195-204, may 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/755>. Date accessed: 30 dec. 2024.
Section
Articles