MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN MENULIS RESENSI BUKU PENGETAHUAN DI KELAS IX-C SMP NEGERI 1 PUGER

  • I Imro’ati FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia yang dilakukan selama ini siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru Bahasa Indonesia cenderung mengajar dengan model pembelajaran langsung dimana pusat pembelajaran terletak pada guru, sedangkan umpan balik serta koreksi dari guru yang diberikan kurang menyeluruh. Hal ini yang menyebabkan siswa belajar Bahasa Indonesia kurang bermakna dan membosankan serta merusak minat belajar siswa. Dampak ini semua terlihat dari hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Puger yang masih rendah yaitu pada ulangan harian dan semester ganjil sekitar 30% rata-rata nilai Bahasa Indonesia masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan masalah tersebut peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-C  SMP Negeri 1 Puger dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 27 orang siswa perempuan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan penelitian ; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan revisi. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus pertama yang tuntas sebesar 92,5%,  sedangkan siklus kedua sebesar  97,5%. Aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe  jigsaw dari siklus pertama dan siklus kedua memperoleh rata-rata skor 3,56 dalam kategori baik. Aktivitas siswa selama dalam pembelajaran kooperatif tipe  jigsaw dari siklus pertama dan siklus kedua memperoleh rata-rata skor 3,42 dalam kategori cukup baik. Hasil tanggapan siswa ditunjukkan dengan adanya 100% siswa mengatakan senang dan setuju dilaksanakannya pembelajaran kooperatif dengan jigsaw dengan alasan diantarannya; siswa dapat berdiskusi dan saling tukar pendapat dengan temannya, siswa dapat belajar bukan hanya dari guru tetapi juga dari temannya yang lain, dan siswa dapat berkesempatan belajar mandiri.

Kata Kunci : kooperatif , jigsaw,menulis resensi buku pengetahuan

 


Author Biography

I Imro’ati, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN MENULIS RESENSI BUKU PENGETAHUAN DI KELAS IX-C SMP NEGERI 1 PUGER

 

Imro’ati[1]

 

Abstrak. Kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia yang dilakukan selama ini siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru Bahasa Indonesia cenderung mengajar dengan model pembelajaran langsung dimana pusat pembelajaran terletak pada guru, sedangkan umpan balik serta koreksi dari guru yang diberikan kurang menyeluruh. Hal ini yang menyebabkan siswa belajar Bahasa Indonesia kurang bermakna dan membosankan serta merusak minat belajar siswa. Dampak ini semua terlihat dari hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX-C SMP Negeri 1 Puger yang masih rendah yaitu pada ulangan harian dan semester ganjil sekitar 30% rata-rata nilai Bahasa Indonesia masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berdasarkan masalah tersebut peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-C  SMP Negeri 1 Puger dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 27 orang siswa perempuan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan penelitian ; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan revisi. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus pertama yang tuntas sebesar 92,5%,  sedangkan siklus kedua sebesar  97,5%. Aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe  jigsaw dari siklus pertama dan siklus kedua memperoleh rata-rata skor 3,56 dalam kategori baik. Aktivitas siswa selama dalam pembelajaran kooperatif tipe  jigsaw dari siklus pertama dan siklus kedua memperoleh rata-rata skor 3,42 dalam kategori cukup baik. Hasil tanggapan siswa ditunjukkan dengan adanya 100% siswa mengatakan senang dan setuju dilaksanakannya pembelajaran kooperatif dengan jigsaw dengan alasan diantarannya; siswa dapat berdiskusi dan saling tukar pendapat dengan temannya, siswa dapat belajar bukan hanya dari guru tetapi juga dari temannya yang lain, dan siswa dapat berkesempatan belajar mandiri.

Kata Kunci : kooperatif , jigsaw,menulis resensi buku pengetahuan

 


[1] Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia SMPN 1 Puger Kabupaten Jember

Published
2014-02-01
How to Cite
IMRO’ATI, I. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN MENULIS RESENSI BUKU PENGETAHUAN DI KELAS IX-C SMP NEGERI 1 PUGER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 205-222, feb. 2014. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/736>. Date accessed: 23 nov. 2024.
Section
Articles