PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEORI BILANGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

  • Lioni Anka Monalisa FKIP UNEJ
  • Dinawati Trapsilasiwi FKIP UNEJ

Abstract

 

Abstrak. Perangkat pembelajaran sangat berguna untuk kelancaran dan keberhasilan suatu pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dibuat dalam penelitian ini disesuaikan dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengna kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4-D oleh Thiangarajan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada 3 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Validator yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua validator ahli, yaitu ahli pengembangan dan ahli materi. Hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh presentase rata-rata 85,7%. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dibuat sudah sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia dengan sedikit revisi.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia


Author Biography

Lioni Anka Monalisa, FKIP UNEJ

 

Lioni Anka Monalisa[1], Dinawati Trapsilasiwi[2]

 

[1] Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember

[2] Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember

Published
2017-01-03
How to Cite
MONALISA, Lioni Anka; TRAPSILASIWI, Dinawati. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEORI BILANGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI). Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 191-200, jan. 2017. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3779>. Date accessed: 21 aug. 2017.
Section
Articles