DESKRIPSI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIPA

  • P Purwati FKIP UNIPA
  • N Nurhasanah

Abstract

 

AbstrakPendidikan harus mampu mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif dalam seluruh lapangan kehidupan, sehingga sangat perlu mengasah inteligensi secara terus-menerus. Hal ini karena inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar. Namun, inteligensi bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan prestasi belajar. Faktor lain yang layak diperhatikan adalah kecerdasan emosionalnya. Hal ini disebabkan karena perasaan peserta didik menjadi suatu sumber energi dalam belajar untuk mencari manfaat dan potensi unik mereka, serta mengaktifkan aspirasi dan nilai-nilai yang paling dalam, mengubahnya dari apa yang mereka pikirkan menjadi apa yang mereka jalani dalam aktivitas sehari-hari. Untuk itu, perlu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar peserta didikJenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di jurusan Pendidikan Matematika UNIPA, dengan subjek penelitian semua mahasiswa pendidikan Matematika angkatan 2010-2015 yang berjumlah 57 orang dan mengisi kuisioner tentang kecerdasan emosional. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika Universitas Papua, dengan persamaan regresi Y=3,239+0,032X, menunjukkan setiap kenaikan satu nilai kecerdasan emosional maka akan meningkat pula prestasi belajar (IPK) mahasiswa sebesar 0,032 pada konstanta 3,239. Dari kelima aspek kecerdasan emosional, yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika UNIPA adalah aspek pengaturan diri dan keterampilan sosial.

 

Kata Kunci: kecerdasan emosional, prestasi belajar

 


Author Biography

P Purwati, FKIP UNIPA

Purwati[1], Nurhasanah[2]

 

[1] Dosen Jurusan Pendidikan Matematika UNIPA

[2] Dosen Jurusan Pendidikan Matematika UNIPA

Published
2017-01-03
How to Cite
PURWATI, P; NURHASANAH, N. DESKRIPSI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIPA. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 169-178, jan. 2017. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3777>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles