PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA BENDA ASLI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN MARON KIDUL II KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Yasin Priyadi
  • A Agustiningsih FKIP UNEJ

Abstract

 

AbstrakMetode Pendekatan Sentifik sangat cocok Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam Kegiatan Pembelajaran kepada siswa sehingga Keaktifan siswa dalam belajar mengajar tidak merasa bosan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual, diharapkan konsep membedakan berbagai bentuk energi yang diajarkan guru dapat dipahami oleh siswa, permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) peningkatan prestasi belajar IPA dengan Pendekatan Saintifik? (2) bagaimanakah pengaruh menggunakan media asli, kemotivasi belajar siswa? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) perbandingan kemajuan pembelajaran menggunakan metode saintifik (b) ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak tiga puataran, setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, dan pengamanan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Maron Kidul II Kabupaten Probolinggo tahum Pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil anaisis di dapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, Pra siklus (38,89%)  siklus I (60%) dan Siklus II (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajarn dengan metode saintifik sangat tepat untuk kemajuan dan prestasi siswa dalam pembelajan dan prestasi siswauntuk kelas IV SD Negeri Maron Kidul II Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo tahu Pelajaran 2015/2016Metode pembelajaran Saintifik ini sangat tepat sekali dilaksanakan untuk pelajaran ilmu pengetahun alam kelas IV.

 

Kata kunci: Mata Pelajaran IPA, Pendekatan Saintifik, Media Asli.

Author Biography

Yasin Priyadi

1], Agustiningsih[2]

 


[1] Guru SDN Maron Kidul II Maron Kabupaten Probolinggo

[2] Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas Jember

Published
2017-01-03
How to Cite
PRIYADI, Yasin; AGUSTININGSIH, A. PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA BENDA ASLI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN MARON KIDUL II KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 125-142, jan. 2017. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3774>. Date accessed: 19 oct. 2017.
Section
Articles