MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN TES HASIL BELAJAR AKHIR SEMESTER MELALUI WORKSHOP DI KKG GUGUS 02 KECAMATAN SUMBERMALANG TAHUN 2014/2015

  • O Osnal FKIP UNEJ
  • S Suhartoni FKIP UNEJ
  • Imam Wahyudi FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Guru merupakan faktor dominan dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu meningkatkan kemampuan guru mutlak dilakukan agar terjadi peningkatan kemampuan di dalam mengelola proses pembelajaran. Salah satu indikator yang menunjukkan bahwa seorang guru tersebut mampu menyusun tes telah banyak dilakukan seperti mengikuti penataran dan pelatihan lainnya. Dari hasil evaluasi terhadap kedua bentuk upaya tersebut ditemukan belum banyak memberikan sumbangan terhadap profesional guru.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester melalui workshop di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan melalui workshop menyusun tes dengan jumlah guru 12 orang guru yang diikutkan dalam workshop yang mengajar sebagai guru kelas IV, V, dan VI di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang tahun 2014/2015. Penelitian ini melakukan penilaian satu kali siklus. Tes sudah selesai dianalisis dan dinilai berdasarkan 2 parameter yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui aktivitas guru dalam bekerja maka peneliti melengkapi dengan panduan observasi yang meliputi : 1) Silabus, 2) RPP, 3) Buku pengangan,  4)  format kisi – kisi tes , 5) Kesiapan mental yang masing – masing diberikan skor 1 – 4. Memalui workshop pula dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes profesional, hal ini terlihat pada kegiatan siklius pertama rata rata nilai 70,67. Tes dikatakan layak apabila minimal 65% kriteria bisa terpenuhi. Dengan demikian pada siklus pertama 100% guru sudah mampu menyusun tes hasil belajar akhir semester genap. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui workshop maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan guru kelas IV, V, dan VI di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang 2014/2015 dalam menyudun tes hasil belajar akhir semester dapat meningkat.

Kata kunci: Tes hasil belajar, Workshop


Author Biography

O Osnal, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN TES HASIL BELAJAR AKHIR SEMESTER MELALUI WORKSHOP DI KKG GUGUS 02

KECAMATAN SUMBERMALANG

TAHUN 2014/2015

 

Osnal [1], Suhartoni [2], Imam Wahyudi [3]

Abstrak. Guru merupakan faktor dominan dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu meningkatkan kemampuan guru mutlak dilakukan agar terjadi peningkatan kemampuan di dalam mengelola proses pembelajaran. Salah satu indikator yang menunjukkan bahwa seorang guru tersebut mampu menyusun tes telah banyak dilakukan seperti mengikuti penataran dan pelatihan lainnya. Dari hasil evaluasi terhadap kedua bentuk upaya tersebut ditemukan belum banyak memberikan sumbangan terhadap profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester melalui workshop di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan melalui workshop menyusun tes dengan jumlah guru 12 orang guru yang diikutkan dalam workshop yang mengajar sebagai guru kelas IV, V, dan VI di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang tahun 2014/2015. Penelitian ini melakukan penilaian satu kali siklus. Tes sudah selesai dianalisis dan dinilai berdasarkan 2 parameter yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui aktivitas guru dalam bekerja maka peneliti melengkapi dengan panduan observasi yang meliputi : 1) Silabus, 2) RPP, 3) Buku pengangan,  4)  format kisi – kisi tes , 5) Kesiapan mental yang masing – masing diberikan skor 1 – 4. Memalui workshop pula dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes profesional, hal ini terlihat pada kegiatan siklius pertama rata rata nilai 70,67. Tes dikatakan layak apabila minimal 65% kriteria bisa terpenuhi. Dengan demikian pada siklus pertama 100% guru sudah mampu menyusun tes hasil belajar akhir semester genap. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui workshop maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kemampuan guru kelas IV, V, dan VI di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang 2014/2015 dalam menyudun tes hasil belajar akhir semester dapat meningkat.

Kata kunci: Tes hasil belajar, Workshop


[1] Pengawas SD Kabupaten Situbondo

[2] Kepala SDN 03 Tlogosari

[3] Guru SDN 03 Tlogosari

Published
2016-02-01
How to Cite
OSNAL, O; SUHARTONI, S; WAHYUDI, Imam. MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN TES HASIL BELAJAR AKHIR SEMESTER MELALUI WORKSHOP DI KKG GUGUS 02 KECAMATAN SUMBERMALANG TAHUN 2014/2015. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 67-82, feb. 2016. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2604>. Date accessed: 27 nov. 2022.
Section
Articles