MEDIA UNTUK MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG DASAR MATEMATIKA SISWA JENJANG PENDIDIKAN DASAR

  • Ervin Oktavianingtyas FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Matematika yang bersifat abstrak menjadi salah satu penyebab siswa-siswa pada jenjang pendidikan dasar mengalami kesulitan dalam belajarnya. Anak-anak usia sekolah dasar masih berada dalam tahap berfikir formal, segala sesuatu dihubungkan pada sesuatu yang kongkrit. Pembelajaran matematika yang abstrak menyebabkan siswa SD yang berada pada tahap berfikir konkret memerlukan alat bantu berupa media dan alat peraga yang dapat memperjelas apa yang akan disampaikan oleh guru. Segala aspek yang dapat menunjang terciptanya pembelajaran yang efektif seperti media pembelajaran perlu dipersiapkan guru disesuaikan dengan karakter siswa di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode documenter. Terdapat beberapa media yang telah diciptakan dan terbukti dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa yang berhasil, serta dapat pula meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Hitung Dasar Matematika, diantaranya Gambar Tempel Berwarna, Wayang BILBUL,  Mistar Hitung, Alat Peraga Muatan Listrik, Kartu Bilangan, dan Koin Hitung.

Kata Kunci: media, efektifitas pembelajaran, operasi hitung dasar matematika.

Author Biography

Ervin Oktavianingtyas, FKIP UNEJ

MEDIA UNTUK MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG DASAR MATEMATIKA SISWA JENJANG PENDIDIKAN DASAR

Ervin Oktavianingtyas[1]

 

Abstrak. Matematika yang bersifat abstrak menjadi salah satu penyebab siswa-siswa pada jenjang pendidikan dasar mengalami kesulitan dalam belajarnya. Anak-anak usia sekolah dasar masih berada dalam tahap berfikir formal, segala sesuatu dihubungkan pada sesuatu yang kongkrit. Pembelajaran matematika yang abstrak menyebabkan siswa SD yang berada pada tahap berfikir konkret memerlukan alat bantu berupa media dan alat peraga yang dapat memperjelas apa yang akan disampaikan oleh guru. Segala aspek yang dapat menunjang terciptanya pembelajaran yang efektif seperti media pembelajaran perlu dipersiapkan guru disesuaikan dengan karakter siswa di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode documenter. Terdapat beberapa media yang telah diciptakan dan terbukti dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa yang berhasil, serta dapat pula meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Hitung Dasar Matematika, diantaranya Gambar Tempel Berwarna, Wayang BILBUL,  Mistar Hitung, Alat Peraga Muatan Listrik, Kartu Bilangan, dan Koin Hitung.

Kata Kunci: media, efektifitas pembelajaran, operasi hitung dasar matematika.


[1] Dosen Pendidikan Matematika FKIP UNEJ

Published
2015-11-01
How to Cite
OKTAVIANINGTYAS, Ervin. MEDIA UNTUK MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG DASAR MATEMATIKA SISWA JENJANG PENDIDIKAN DASAR. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 207-218, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2190>. Date accessed: 05 dec. 2021.
Section
Articles