PENERAPAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI A SDN TANGGUL WETAN 02 KECAMATAN TANGGUL – JEMBER

  • S Suhirman FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak Menurut data yang didapat hasil evaluasi atau ulangan harian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada materi proses perumusan pancasila sebagai dasar negara menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Dan selama ini siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan pendekatan konstruktivis/Reciprocal teaching diharapkan siswa secara aktif dapat melakukan sesuatu kegiatan dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan secara luas. reciprocal teaching merupakan strategi pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pengajuan pertanyaan dimana siswa ketrampilan-ketrampilan metakognitif diajarkan melalui pengajaran langsung dan pemodelan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan reciprocal teaching pokok bahasan proses perumusan pancasila sebagai dasar negara pada siswa kelas VI A SDN Tanggul Wetan 02 Tahun Pelajaran 2014/2015 Kecamatan Tanggul – Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Berdasarkan hasil analisisdata aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal adalah 65,79%. Pada siklus 2 mencapai 78,94% sehingga dapat disimpulakn bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan penerapan reciprocal teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan kriteria siswa aktif. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 60,53% dinyatakan belum tuntas dan pada siklus 2 sebesar 84,21% dinyatakan tuntas. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan reciprocal teaching pokok bahasan proses perumusan pancasila sebagai dasar negara pada siswa kelas IV A SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul – Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Reciprocal Teaching

 

Author Biography

S Suhirman, FKIP UNEJ

PENERAPAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI A SDN TANGGUL WETAN 02 KECAMATAN TANGGUL – JEMBER

Suhirman[1]

Abstrak Menurut data yang didapat hasil evaluasi atau ulangan harian Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada materi proses perumusan pancasila sebagai dasar negara menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Dan selama ini siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan pendekatan konstruktivis/Reciprocal teaching diharapkan siswa secara aktif dapat melakukan sesuatu kegiatan dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan secara luas. reciprocal teaching merupakan strategi pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pengajuan pertanyaan dimana siswa ketrampilan-ketrampilan metakognitif diajarkan melalui pengajaran langsung dan pemodelan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan reciprocal teaching pokok bahasan proses perumusan pancasila sebagai dasar negara pada siswa kelas VI A SDN Tanggul Wetan 02 Tahun Pelajaran 2014/2015 Kecamatan Tanggul – Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Berdasarkan hasil analisisdata aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal adalah 65,79%. Pada siklus 2 mencapai 78,94% sehingga dapat disimpulakn bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan penerapan reciprocal teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan kriteria siswa aktif. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 60,53% dinyatakan belum tuntas dan pada siklus 2 sebesar 84,21% dinyatakan tuntas. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan reciprocal teaching pokok bahasan proses perumusan pancasila sebagai dasar negara pada siswa kelas IV A SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul – Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Reciprocal Teaching

 


[1] Guru Kelas VI SDN Tanggul Wetan 02

Published
2015-11-01
How to Cite
SUHIRMAN, S. PENERAPAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI A SDN TANGGUL WETAN 02 KECAMATAN TANGGUL – JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 195-206, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2189>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles