PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MATERI PROGRAM LINIER DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS1 SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2015/2016 DI SMA NEGERI 3 JEMBER

  • Widyastuti Puspitarini FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Tinggi rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran salah satunya ditentukan oleh metode mengajar yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah penerapan metode pembelajaran Kooperatif dengan metode STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 Semester Ganjil di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan metode pembelajaran Kooperatif model STAD. Subyek penelitian yang digunakan siswa kelas XI IPS.1 di SMA NEGERI 3, Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Metode Pengumpulan Data berupa metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara dan metode tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 4 s/d 28 Agustus 2015. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Matematika pokok bahasan Program Linier yaitu dapat mencapai ketuntasan secara klasikal dan individual dimana 85% yang mendapat nilai rata-rata > 76 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 88,9% ketercapaian pada siklus II, sehingga ada peningkatan dari semula tes 1 sebesar 81,48 %, pada tes ke 2 sebesar 85,19% pada siklus I  menjadi 88,9 % pada siklus II

Kata kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Model STAD dan hasil belajar siswa.

Author Biography

Widyastuti Puspitarini, FKIP UNEJ

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD  (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MATERI PROGRAM LINIER DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

SISWA KELAS XI IPS1 SEMESTER GANJIL

TAHUN AJARAN 2015/2016

DI SMA NEGERI 3 JEMBER

 

Widyastuti Puspitarini[1]

Abstrak. Tinggi rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran salah satunya ditentukan oleh metode mengajar yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah penerapan metode pembelajaran Kooperatif dengan metode STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 Semester Ganjil di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan metode pembelajaran Kooperatif model STAD. Subyek penelitian yang digunakan siswa kelas XI IPS.1 di SMA NEGERI 3, Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Metode Pengumpulan Data berupa metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara dan metode tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 4 s/d 28 Agustus 2015. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Matematika pokok bahasan Program Linier yaitu dapat mencapai ketuntasan secara klasikal dan individual dimana 85% yang mendapat nilai rata-rata > 76 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 88,9% ketercapaian pada siklus II, sehingga ada peningkatan dari semula tes 1 sebesar 81,48 %, pada tes ke 2 sebesar 85,19% pada siklus I  menjadi 88,9 % pada siklus II

Kata kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Model STAD dan hasil belajar siswa.


[1] Guru SMA Negeri 3 Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
PUSPITARINI, Widyastuti. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MATERI PROGRAM LINIER DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS1 SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2015/2016 DI SMA NEGERI 3 JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 163-176, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2187>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles