MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS III SDN REJOAGUNG 01 SEMBORO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • Rinendah Sihwinedar FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hakikatnya merupakan usaha manusia dalam memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran. Pembelajaran IPA harus senantiasa dapat melibatkan siswa, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran serta dapat merangsang siswa berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Pada kenyataannya, pembelajaran IPA di sekolah, terutama di SDN Rejoagung 01 Semboro ini kurang begitu melibatkan siswa, model pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa merasa jenuh saat pembelajaran, dan menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual). Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran SAVI, aktivitas siwa dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro Tahun Pelajaran 2013/2014. Rancangan  penelitian ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas dengan  tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan siswa yang sangat aktif 23%, aktif sebesar 32%, kurang aktif sebesar 26%, dan tidak aktif sebesar 19% . Pada siklus II siswa yang sangat aktif 42%, aktif sebesar 39%, kurang aktif sebesar 13%, dan tidak aktif sebesar 6%, sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat prosentase ketuntasan siswa yaitu siswa yang tuntas belajar (nilai ketuntasan ≥70) pada kondisi awal 29%, tes siklus I 61,3%, dan pada  siklus II sebesar 90,3%. Data tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75%.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran SAVI

Author Biography

Rinendah Sihwinedar, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS III SDN REJOAGUNG

01 SEMBORO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

Rinendah Sihwinedar[1]

Abstrak. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hakikatnya merupakan usaha manusia dalam memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran. Pembelajaran IPA harus senantiasa dapat melibatkan siswa, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran serta dapat merangsang siswa berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Pada kenyataannya, pembelajaran IPA di sekolah, terutama di SDN Rejoagung 01 Semboro ini kurang begitu melibatkan siswa, model pembelajarannya masih menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa merasa jenuh saat pembelajaran, dan menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual). Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran SAVI, aktivitas siwa dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro Tahun Pelajaran 2013/2014. Rancangan  penelitian ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas dengan  tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan siswa yang sangat aktif 23%, aktif sebesar 32%, kurang aktif sebesar 26%, dan tidak aktif sebesar 19% . Pada siklus II siswa yang sangat aktif 42%, aktif sebesar 39%, kurang aktif sebesar 13%, dan tidak aktif sebesar 6%, sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat prosentase ketuntasan siswa yaitu siswa yang tuntas belajar (nilai ketuntasan ≥70) pada kondisi awal 29%, tes siklus I 61,3%, dan pada  siklus II sebesar 90,3%. Data tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 75%.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran SAVI

[1] Guru Kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
SIHWINEDAR, Rinendah. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS III SDN REJOAGUNG 01 SEMBORO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 137-148, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2185>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles