MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA LANGIT DAN PERISTIWA ALAM DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWAKELAS 1 SDN AMPEL 04 WULUHAN JEMBER

  • Taviv Listin Kariani FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun secara terbimbing. Pembelajaran IPA harus diajarkan dengan metode-metode mengajar yang tepat. Di SDN Ampel 04 Wuluhan masih menggunakan metode yang monoton sehingga hasil belajar rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Ampel 04 Wuluhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode demonstrasi pada matapelajaran IPA, bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran dengan metode demonstrasi berlangsung, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Ampel 04 Wuluhan yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitusangat aktif 79%, aktif 10%. Kurang aktif  10, Tidak aktif 0 %. siklus II sangat aktif 79%, aktif 21%. Kurang aktif 0%, Tidak aktif 0%. hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus pertama17% sehingga ada peningkatan sebesar 17% dari skor maksimal 100%. Dari siklus kedua terdapat kenaikan 14% dan dirasa bahwa hasil belajar siswa telah mencapai hasil yang memuaskan (31% dari skor maksimal). Berdasarkan hasil penelitian di atas maka penerapan metode demonstari dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Ampel 04 Wuluhan Jember.

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar


Author Biography

Taviv Listin Kariani, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR  IPA MATERI BENDA LANGIT DAN  PERISTIWA ALAM DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I SDN AMPEL 04

WULUHAN JEMBER

 

Taviv Listin Kariani[1]

Abstrak. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun secara terbimbing. Pembelajaran IPA harus diajarkan dengan metode-metode mengajar yang tepat. Di SDN Ampel 04 Wuluhan masih menggunakan metode yang monoton sehingga hasil belajar rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Ampel 04 Wuluhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode demonstrasi pada matapelajaran IPA, bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran dengan metode demonstrasi berlangsung, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Ampel 04 Wuluhan yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitusangat aktif 79%, aktif 10%. Kurang aktif  10, Tidak aktif 0 %. siklus II sangat aktif 79%, aktif 21%. Kurang aktif 0%, Tidak aktif 0%. hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus pertama17% sehingga ada peningkatan sebesar 17% dari skor maksimal 100%. Dari siklus kedua terdapat kenaikan 14% dan dirasa bahwa hasil belajar siswa telah mencapai hasil yang memuaskan (31% dari skor maksimal). Berdasarkan hasil penelitian di atas maka penerapan metode demonstari dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Ampel 04 Wuluhan Jember.

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar


[1] Guru Kelas I SDN Ampel 04 Wuluhan Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
KARIANI, Taviv Listin. MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA LANGIT DAN PERISTIWA ALAM DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWAKELAS 1 SDN AMPEL 04 WULUHAN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 125-136, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2184>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles