PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IIIB SDN SEMBORO 01 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER

  • Kanti Wilujeng FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah rendahnya daya serap dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajran.Hal tersebut dikarenakan berbagai sebab diantaranya, pola pembelajaran makin bersifat guru sentris yang berarti pembelajaran masih berpusat pada guru, model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional yaitu hanya dengan ceramah, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa, dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dan cenderung pasif. Kecenderungan pembelajaran demikian, mengakibatkan lemahnya pengembangan potensi diri siswa dalam pembelajaran, siswa selalu diam saja ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar, siswa selalu menunggu guru untuk memberi contoh-contoh soal dan cara pengerjaannya yang benar tanpa mencoba berpikir untuk menggali dan membangun idenya sendiri, siswa tidak pernah mengajukan pertanyaan yang kurang dimengerti, sehingga prestasi belajar yang dicapai tidak optimal.Adapun model atau alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SDN Semboro 01 kecamatan Semboro kabupaten Jember yaitu melalui pembelajaran dengan model bermain peran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB melalui penerapan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli di SDN Semboro 01. Tahap penelitian tindakan diawali dengan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan  melakukan refleksi (reflection), dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai.Analisis hasil akhir menunjukkan bahwa hasil belajar siklus I dari jumlah 23 siswa terdapat 15 siswa yang mendapat skor ≥ 65, dan dikatakan tuntas secara klasikal mencapai 65,22 %. Pada siklus II terjadi peningkatan dari 23 siswa terdapat 21 siswa yang mendapat skor ≥ 65 dan dikatakan tuntas secara klasikal sebesar 91,30%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan model bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IIIB SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember.

 

Kata kunci: bermain peran,  hasil belajar

Author Biography

Kanti Wilujeng, FKIP UNEJ

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IIIB SDN SEMBORO 01 KECAMATAN SEMBORO

KABUPATEN JEMBER

Kanti Wilujeng[1]

Abstrak. Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah rendahnya daya serap dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajran.Hal tersebut dikarenakan berbagai sebab diantaranya, pola pembelajaran makin bersifat guru sentris yang berarti pembelajaran masih berpusat pada guru, model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional yaitu hanya dengan ceramah, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa, dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dan cenderung pasif. Kecenderungan pembelajaran demikian, mengakibatkan lemahnya pengembangan potensi diri siswa dalam pembelajaran, siswa selalu diam saja ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar, siswa selalu menunggu guru untuk memberi contoh-contoh soal dan cara pengerjaannya yang benar tanpa mencoba berpikir untuk menggali dan membangun idenya sendiri, siswa tidak pernah mengajukan pertanyaan yang kurang dimengerti, sehingga prestasi belajar yang dicapai tidak optimal.Adapun model atau alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SDN Semboro 01 kecamatan Semboro kabupaten Jember yaitu melalui pembelajaran dengan model bermain peran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB melalui penerapan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli di SDN Semboro 01. Tahap penelitian tindakan diawali dengan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan  melakukan refleksi (reflection), dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai.Analisis hasil akhir menunjukkan bahwa hasil belajar siklus I dari jumlah 23 siswa terdapat 15 siswa yang mendapat skor ≥ 65, dan dikatakan tuntas secara klasikal mencapai 65,22 %. Pada siklus II terjadi peningkatan dari 23 siswa terdapat 21 siswa yang mendapat skor ≥ 65 dan dikatakan tuntas secara klasikal sebesar 91,30%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan model bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IIIB SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember.

 

Kata kunci: bermain peran,  hasil belajar


[1] Guru Kelas III SDN Semboro 01 Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
WILUJENG, Kanti. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IIIB SDN SEMBORO 01 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 113-124, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2183>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles