PENGUNAAN MEDIA KONGKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS I SDN REJOAGUNG 01 KABUPATEN JEMBER

  • Yosepha Sumarjilah FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pembelajaran Matematika masih menjadi masalah bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keas untuk bidang studi Matematika lebih rendah dari pada niai rata-rata kelas untuk bidang studi yang lain. dari 23 anak yang ada, baru 8 anak atau 34,78% yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 anak atau 65,21% belum mencapai ketuntasan belajar Matematika, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan. Untuk materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 1 media yang sesuai adalah media benda kongkrit. Pembelajaran menggunakan media benda konkrit lebih mampu memberikan pengalaman riil kepada siswa karena siswa dapat melihat, merasakan dan meraba alat peraga yang digunakan guru. Pengalaman belajar yang lebih konkrit akan lebih tepat bagi anak usia sekolah dasar. Hipotesis masalah dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan media kongkrit pada pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I SDN Rejoagung 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Maka aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas yang menyangkut masalah-masalah kelas. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan media kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I SDN Rejoagung 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Pada siklus I siswa yang tuntas ada 20 siswa, persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 62,5%.  Pada siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan 28 siswa, ketuntasan membaca siswa adalah 90,63%. Sehingga dapat disimpulakn bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan dikatakan tuntas

Kata Kunci: Hasl Belajar, Matematika, Media Kongkrit

Author Biography

Yosepha Sumarjilah, FKIP UNEJ

PENGUNAAN MEDIA KONGKRIT  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS I

SDN REJOAGUNG 01 KABUPATEN JEMBER

Yosepha Sumarjilah[1]

Abstrak. Pembelajaran Matematika masih menjadi masalah bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keas untuk bidang studi Matematika lebih rendah dari pada niai rata-rata kelas untuk bidang studi yang lain. dari 23 anak yang ada, baru 8 anak atau 34,78% yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 anak atau 65,21% belum mencapai ketuntasan belajar Matematika, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan. Untuk materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 1 media yang sesuai adalah media benda kongkrit. Pembelajaran menggunakan media benda konkrit lebih mampu memberikan pengalaman riil kepada siswa karena siswa dapat melihat, merasakan dan meraba alat peraga yang digunakan guru. Pengalaman belajar yang lebih konkrit akan lebih tepat bagi anak usia sekolah dasar. Hipotesis masalah dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan media kongkrit pada pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I SDN Rejoagung 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Maka aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas yang menyangkut masalah-masalah kelas. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan media kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I SDN Rejoagung 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Pada siklus I siswa yang tuntas ada 20 siswa, persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal 62,5%.  Pada siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan 28 siswa, ketuntasan membaca siswa adalah 90,63%. Sehingga dapat disimpulakn bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan dikatakan tuntas

Kata Kunci: Hasl Belajar, Matematika, Media Kongkrit


[1]Guru SDN Rejoagung 01 Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
SUMARJILAH, Yosepha. PENGUNAAN MEDIA KONGKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS I SDN REJOAGUNG 01 KABUPATEN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 69-78, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2179>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles