PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR BERPRESTASI MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA 2014/2015

  • S Sugianti FKIP UNEJ
  • Herlina Tri Purnami FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Pada pembelajaran sehari – hari mahasiswa semester 4 pada mata kuliah riset operasi sebagian besar mahasiswa masih banyak yang mengalami kesulitan. Terlihat pada tugas dan nilai ujian yang diperoleh masih rendah. Hal itu disebabkan mahasiswa yang belum mampu menyerap ilmu dari dosen secara maksimal. Pada keseharian ketika pembelajaran berlangsung, mahasiswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Mahasiswa hanya datang, duduk, dan mendengarkan penjelasan dari dosen. Untuk itu diperlukan inovasi pembelajaran baru untuk membuat mahasiswa lebih tertarik dan dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CTL melalui media pembelajaran animasi ditinjau dari motivasi berprestasi mahasiswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa teknik informatika semester 4 tahun akademik 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas. yaitu kelas E yang diberi perlakuan CTL menggunakan media pembelajaran animasi dan kelas F yang menggunakan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi untuk ranah afektif, teknik tes untuk ranah kognitif, dan angket untuk motivasi. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji anava dua jalan dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap prestasi belajar mahasiswa. 2) Tidak terdapat pengaruh motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar mahasiswa. 3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan CTL dengan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika mahasiswa.

Kata kunci: CTL, Animasi, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar

Author Biography

S Sugianti, FKIP UNEJ

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR BERPRESTASI

MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA 2014/2015

Sugianti[1], Herlina Tri Purnami[2]

Abstrak. Pada pembelajaran sehari – hari mahasiswa semester 4 pada mata kuliah riset operasi sebagian besar mahasiswa masih banyak yang mengalami kesulitan. Terlihat pada tugas dan nilai ujian yang diperoleh masih rendah. Hal itu disebabkan mahasiswa yang belum mampu menyerap ilmu dari dosen secara maksimal. Pada keseharian ketika pembelajaran berlangsung, mahasiswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Mahasiswa hanya datang, duduk, dan mendengarkan penjelasan dari dosen. Untuk itu diperlukan inovasi pembelajaran baru untuk membuat mahasiswa lebih tertarik dan dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CTL melalui media pembelajaran animasi ditinjau dari motivasi berprestasi mahasiswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa teknik informatika semester 4 tahun akademik 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas. yaitu kelas E yang diberi perlakuan CTL menggunakan media pembelajaran animasi dan kelas F yang menggunakan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi untuk ranah afektif, teknik tes untuk ranah kognitif, dan angket untuk motivasi. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji anava dua jalan dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap prestasi belajar mahasiswa. 2) Tidak terdapat pengaruh motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar mahasiswa. 3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan CTL dengan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika mahasiswa.

Kata kunci: CTL, Animasi, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar


[1] Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo

[2] Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Published
2015-11-01
How to Cite
SUGIANTI, S; PURNAMI, Herlina Tri. PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR BERPRESTASI MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA 2014/2015. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 49-58, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2177>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles