PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN SEMBORO 01 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015

  • Wiwik Kusumawat FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran dalam Kurikulum di SD/MI. Pembelajaran IPS tidak hanya menuntut siswa untuk memahami apa yang telah dipelajari, tetapi juga harus mampu memberikan contoh-contoh sosial yang nyata di lingkungan masyarakat seputar materi yang disampaikan. Pembelajaran IPS di SDN Semboro 01 terutama di kelas VI masih kurang optimal, dikarenakan minimnya strategi yang dilakukan guru saat mengajar. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan Problem Based Learning, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Rancangan  penelitian ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas dengan  tahapan rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pelaksanaan  siklus  I  sebesar  60%  dan  terjadi  peningkatan  pada  siklus  II  sebesar  95%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan klasikal sebelum tindakan sebesar 31,3% dengan rata-rata kelas 52,6. Pada siklus 1 rata-rata kelas meningkat menjadi 74,6 dengan prosentase ketuntasan sebesar 62,5%, Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu rata-rata kelas sebesar 82,8 dan prosentase ketuntasan sebesar 99,6% dan mencapai indikator ketuntasan minimal secara klasikal.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

 

Author Biography

Wiwik Kusumawat, FKIP UNEJ

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

SISWA KELAS VI SDN SEMBORO 01 KECAMATAN SEMBORO

KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015

 

Wiwik Kusumawat[1]

Abstrak. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran dalam Kurikulum di SD/MI. Pembelajaran IPS tidak hanya menuntut siswa untuk memahami apa yang telah dipelajari, tetapi juga harus mampu memberikan contoh-contoh sosial yang nyata di lingkungan masyarakat seputar materi yang disampaikan. Pembelajaran IPS di SDN Semboro 01 terutama di kelas VI masih kurang optimal, dikarenakan minimnya strategi yang dilakukan guru saat mengajar. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu diadakan penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan Problem Based Learning, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Rancangan  penelitian ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas dengan  tahapan rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pelaksanaan  siklus  I  sebesar  60%  dan  terjadi  peningkatan  pada  siklus  II  sebesar  95%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan klasikal sebelum tindakan sebesar 31,3% dengan rata-rata kelas 52,6. Pada siklus 1 rata-rata kelas meningkat menjadi 74,6 dengan prosentase ketuntasan sebesar 62,5%, Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu rata-rata kelas sebesar 82,8 dan prosentase ketuntasan sebesar 99,6% dan mencapai indikator ketuntasan minimal secara klasikal.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

 


[1] Guru Kelas VI SDN Semboro 01 Jember

Published
2015-11-01
How to Cite
KUSUMAWAT, Wiwik. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN SEMBORO 01 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 1-12, nov. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2173>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles