PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI POKOK BAHASAN PENJELAJAHAN MELALUI STRATEGI TEAM TEACHING PADA SISWA KELAS VI SDN TANGGUL KULON 01 TANGGUL KABUPATEN JEMBER

  • Wiwik Eko Handayani FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak.Pendidikan jasmani sebagai komponen pendidikan secara keseluruhan telah disadari oleh banyak kalangan, namun dalam pengajaran pendidikan jasmani belum efektif seperti yang diharapkan. Salah satu masalah utama dalam pengajaran pendidikan jasmani di Indonesia hingga dewasa ini ialah belum efektifnya pengajaran pendidikan jasmani di sekolah-sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang bersifat deskriptif kualitafif. Berdasarkan dari fenomena tersebut di atas maka peneliti menerapakan Strategi Pengajaran Beregu untuk diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada topik penjelajahan bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember.Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan strategi Team Teaching pada materi penjelajahan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?, 2) mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan strategi Team Teaching pada materi penjelajahan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?, 3)mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan strategi Team Teaching pada materi penjelajahan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?. Pelaksanaan penelitian ini pada Semester II Tahun pelajaran 2009/2010 mulai bulan Januari sampai dengan Juni 2010, dengan mengambil materi pokok Aktivitas Penjelajahan. Sebagai subjek penelitian adalah siswa VI SD Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Sumber data primer digali dari siswa kelas VI SD Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember pada saat proses belajar mengajar berlangsung yang berkaitan dengan tindakan kelas,sedangkan data lain yaitu data sekunder diperoleh melalui Kepala Sekolah, dokumen sekolah dan wali kelas.Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah mereduksi data, display data, penarikan kesimpulan, verifikasi dan refieksi.Hasil penelitian menujukkan bahwa tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapan Strategi Team Teaching dalarn proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, dapat maningkatkan hasil belajar materi pokok Aktivitas Penjelajahan siswa kelas VI SD Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian pada. siklus I rerata kelas 6,91 meningkat menjadi 8,03 pada hasil penilaian siklus II.

Kata kunci: Strategi Team Teaching, Hasil Belajar


Author Biography

Wiwik Eko Handayani, FKIP UNEJ

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI POKOK BAHASAN PENJELAJAHAN MELALUI STRATEGI TEAM TEACHING PADA SISWA KELAS VI SDN TANGGUL KULON 01 TANGGUL KABUPATEN JEMBER

Wiwik Eko Handayani[1]

 

Abstrak.Pendidikan jasmani sebagai komponen pendidikan secara keseluruhan telah disadari oleh banyak kalangan, namun dalam pengajaran pendidikan jasmani belum efektif seperti yang diharapkan. Salah satu masalah utama dalam pengajaran pendidikan jasmani di Indonesia hingga dewasa ini ialah belum efektifnya pengajaran pendidikan jasmani di sekolah-sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang bersifat deskriptif kualitafif. Berdasarkan dari fenomena tersebut di atas maka peneliti menerapakan Strategi Pengajaran Beregu untuk diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada topik penjelajahan bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember.Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan strategi Team Teaching pada materi penjelajahan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?, 2) mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan strategi Team Teaching pada materi penjelajahan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?, 3)mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan strategi Team Teaching pada materi penjelajahan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember?. Pelaksanaan penelitian ini pada Semester II Tahun pelajaran 2009/2010 mulai bulan Januari sampai dengan Juni 2010, dengan mengambil materi pokok Aktivitas Penjelajahan. Sebagai subjek penelitian adalah siswa VI SD Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Sumber data primer digali dari siswa kelas VI SD Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember pada saat proses belajar mengajar berlangsung yang berkaitan dengan tindakan kelas,sedangkan data lain yaitu data sekunder diperoleh melalui Kepala Sekolah, dokumen sekolah dan wali kelas.Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah mereduksi data, display data, penarikan kesimpulan, verifikasi dan refieksi.Hasil penelitian menujukkan bahwa tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapan Strategi Team Teaching dalarn proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, dapat maningkatkan hasil belajar materi pokok Aktivitas Penjelajahan siswa kelas VI SD Negeri Tanggul Kulon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian pada. siklus I rerata kelas 6,91 meningkat menjadi 8,03 pada hasil penilaian siklus II.

Kata kunci: Strategi Team Teaching, Hasil Belajar


[1]Guru Penjas SDN Tanggul Kulon 01 Tanggul

Published
2015-02-01
How to Cite
HANDAYANI, Wiwik Eko. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI POKOK BAHASAN PENJELAJAHAN MELALUI STRATEGI TEAM TEACHING PADA SISWA KELAS VI SDN TANGGUL KULON 01 TANGGUL KABUPATEN JEMBER. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 173-182, feb. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1340>. Date accessed: 23 nov. 2024.
Section
Articles