PENERAPAN METODE LEARNING TOGETHER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS III SEMESTER GENAP DI SDN PETUNG 02 SUMBERBARU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

  • Siti Rahayu FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode learning together yang diterapkan saat pembelajaran matematika pada materi pokok Pecahan yang dilaksanakan pada sekolah dasar kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi. Subyek dalam penelitian ini sejumlah 27 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III yaitu masing-masing 74,07%, 81,48%, dan 88,88%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Kata Kunci: metode learning together, prestasi belajar

 


Author Biography

Siti Rahayu, FKIP UNEJ

PENERAPAN METODE LEARNING TOGETHER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS III SEMESTER GENAP DI SDN PETUNG 02 SUMBERBARU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

 

Siti Rahayu[1]

 

Abstrak. Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode learning together yang diterapkan saat pembelajaran matematika pada materi pokok Pecahan yang dilaksanakan pada sekolah dasar kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi. Subyek dalam penelitian ini sejumlah 27 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III yaitu masing-masing 74,07%, 81,48%, dan 88,88%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Kata Kunci: metode learning together, prestasi belajar

 


[1] Guru SDN Petung 02 Sumberbaru Kabupaten Jember

Published
2015-02-01
How to Cite
RAHAYU, Siti. PENERAPAN METODE LEARNING TOGETHER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS III SEMESTER GENAP DI SDN PETUNG 02 SUMBERBARU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 165-172, feb. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1339>. Date accessed: 05 dec. 2020.
Section
Articles