MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG DAUR HIDUP BEBERAPA MAKHLUK HIDUP DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SDN KLATAKAN 02 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

  • Widodo Utomo FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Proses kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas selama ini adalah dengan metode ceramah, dan siswa masih menggunakan khayalan-khayalan dalam memahami konsep, sehingga guru masih mendominasi dalam PBM dan peran siswa masih kurang. Hal tersebut yang menyebabkan prestasi belajar siswa rendah dengan rata-rata nilai 50. Rumusan masalah  yang  dibahas  dalam  penelitian  ini  dinyatakan  dalam  bentuk  pertanyaan  yaitu:  "Apakah  penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa kelas IV 1 SDN Klatakan 02 Kecamatan Tanggul dalam  pembelajaran  ipa  dengan  materi  daur  hidup  berbagai  makhluk hidup?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi.  Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitudengan pengambilan skor hasil belajar siswa dalam bentuk tes di akhir pembelajaran dan menganalisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil evaluasi dari tiap siklus. Peningkatan ketuntasan belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal terdapat 6 siswa yang telah tuntas dalam belajarnya dengan rata-rata ≥60. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat, terdapat 19 siswa yang tuntas dalambelajar dengan rata-rata 80. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat  menjadi  26  siswa  atau  96,63 % siswa  telah  tuntas  dalam  pembelajarannya dengan rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV semester I SDN Klatakan 02 Kecamatan Tanggul. Berdasarkan dari hasil penelitian yang terbukti bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, maka saran dari penulis adalah metode demonstrasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam KBM, sehingga dalam pembelajaran tidak onoton hanya dengan metode ceramah.  Selain itu, dengan adanya metode demonstrasi, siswa dapat ikut terlibat langsung atau ikut aktif.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, hasil Belajar IPA


Author Biography

Widodo Utomo, FKIP UNEJ

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG DAUR HIDUP BEBERAPA MAKHLUK HIDUP DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SDN KLATAKAN 02  TANGGUL  TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Widodo Utomo[1]

 

Abstrak. Proses kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas selama ini adalah dengan metode ceramah, dan siswa masih menggunakan khayalan-khayalan dalam memahami konsep, sehingga guru masih mendominasi dalam PBM dan peran siswa masih kurang. Hal tersebut yang menyebabkan prestasi belajar siswa rendah dengan rata-rata nilai 50. Rumusan masalah  yang  dibahas  dalam  penelitian  ini  dinyatakan  dalam  bentuk  pertanyaan  yaitu:  "Apakah  penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa kelas IV 1 SDN Klatakan 02 Kecamatan Tanggul dalam  pembelajaran  ipa  dengan  materi  daur  hidup  berbagai  makhluk hidup?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi.  Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitudengan pengambilan skor hasil belajar siswa dalam bentuk tes di akhir pembelajaran dan menganalisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil evaluasi dari tiap siklus. Peningkatan ketuntasan belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal terdapat 6 siswa yang telah tuntas dalam belajarnya dengan rata-rata ≥60. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat, terdapat 19 siswa yang tuntas dalambelajar dengan rata-rata 80. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat  menjadi  26  siswa  atau  96,63 % siswa  telah  tuntas  dalam  pembelajarannya dengan rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV semester I SDN Klatakan 02 Kecamatan Tanggul. Berdasarkan dari hasil penelitian yang terbukti bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, maka saran dari penulis adalah metode demonstrasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam KBM, sehingga dalam pembelajaran tidak onoton hanya dengan metode ceramah.  Selain itu, dengan adanya metode demonstrasi, siswa dapat ikut terlibat langsung atau ikut aktif.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, hasil Belajar IPA


[1]Guru kelas IV SDN Klatakan 02  Tanggul

Published
2015-02-01
How to Cite
UTOMO, Widodo. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG DAUR HIDUP BEBERAPA MAKHLUK HIDUP DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SDN KLATAKAN 02 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 105-116, feb. 2015. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1332>. Date accessed: 05 dec. 2020.
Section
Articles