PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG LUAS BANGUN DATAR MELALUI KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VI SDN PATEMON 01 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

  • S Suprihatin FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Hasil belajar siswa kelas VI SDN Patemon 01 menunjukkan dalam mata pelajaran Matematika nilainya tergolong rendah, karena rata-rata yang diperoleh 57,67 (berada di bawah KKM sebesar 60). Dari 30 siswa, hanya 12 orang  siswa yang nilai belajarnya tuntas dalam mata pelajaran Matematika, sedangkan 18 orang siswa masih belum tuntas nilai belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan kerja kelompok pada siswa kelas VI materi Luas Bangun Datar di SDN patemon 01 tahun pelajaran 2011/2012?, 2) bagaimana aktivitas siswa selama penerapan kerja kelompok pada siswa kelas VI materi Luas Bangun Datar di SDN patemon 01 tahun pelajaran 2011/2012?, 3) bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan kerja kelompok pada siswa kelas VI materi  Luas Bangun Datar di SDN patemon 01 tahun pelajaran 2011/2012?.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Patemon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang   berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Sesudah diadakan pembelajaran dalam Siklus I dengan menggunakan metode kerja kelompok, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 70% (21 anak) dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 67. Pada akhir Siklus II, ketuntasan siswa hasil belajar siswa mencapai 90% (27 anak) dengan nilai rata-rata 71,33. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat terjadi karena melalui metode kerja kelompok siswa dapat belajar lebih aktif dan kreatif; diketahui pula kemandirian belajar siswa meningkat sehingga daya serap materi pelajaran yang disampaikan guru menjadi lebih besar. Dari hasil PTK ini direkomendasikan agar para guru dapat menggunakan pembelajaran dengan metode kerja kelompok agar hasil belajar siswa meningkat.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Luas Bangun Datar, Kerja Kelompok

Author Biography

S Suprihatin, FKIP UNEJ

PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG  LUAS BANGUN DATAR MELALUI KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VI SDN PATEMON 01 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Suprihatin[1]

 

Abstrak. Hasil belajar siswa kelas VI SDN Patemon 01 menunjukkan dalam mata pelajaran Matematika nilainya tergolong rendah, karena rata-rata yang diperoleh 57,67 (berada di bawah KKM sebesar 60). Dari 30 siswa, hanya 12 orang  siswa yang nilai belajarnya tuntas dalam mata pelajaran Matematika, sedangkan 18 orang siswa masih belum tuntas nilai belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan kerja kelompok pada siswa kelas VI materi Luas Bangun Datar di SDN patemon 01 tahun pelajaran 2011/2012?, 2) bagaimana aktivitas siswa selama penerapan kerja kelompok pada siswa kelas VI materi Luas Bangun Datar di SDN patemon 01 tahun pelajaran 2011/2012?, 3) bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan kerja kelompok pada siswa kelas VI materi  Luas Bangun Datar di SDN patemon 01 tahun pelajaran 2011/2012?.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Patemon 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang   berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Sesudah diadakan pembelajaran dalam Siklus I dengan menggunakan metode kerja kelompok, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 70% (21 anak) dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 67. Pada akhir Siklus II, ketuntasan siswa hasil belajar siswa mencapai 90% (27 anak) dengan nilai rata-rata 71,33. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat terjadi karena melalui metode kerja kelompok siswa dapat belajar lebih aktif dan kreatif; diketahui pula kemandirian belajar siswa meningkat sehingga daya serap materi pelajaran yang disampaikan guru menjadi lebih besar. Dari hasil PTK ini direkomendasikan agar para guru dapat menggunakan pembelajaran dengan metode kerja kelompok agar hasil belajar siswa meningkat.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Luas Bangun Datar, Kerja Kelompok


[1]Guru kelas VI SDN Patemon 01

Published
2017-02-01
How to Cite
SUPRIHATIN, S. PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG LUAS BANGUN DATAR MELALUI KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS VI SDN PATEMON 01 TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Pancaran Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 33-44, feb. 2017. ISSN 0852601X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1308>. Date accessed: 05 dec. 2020.
Section
Articles