TY - JOUR AU - Murtikusuma, Randi Pratama PY - 2017/01/03 TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK SMK PERKEBUNAN BERTEMAKAN KOPI DAN KAKAO JF - Pancaran Pendidikan; Vol 5 No 4 (2016) KW - N2 - ABSTRAK:  LKS dalam penelitian ini dikembangkan dengan berbasis model Problem-Based Learning (PBL). Penerapan pembelajaran model PBL sangat erat kaitannya dengan masalah praktis salah satunya tentang masalah kopi dan kakao. Tema kopi dan kakao merupakan salah satu dari tujuh riset unggulan Universitas Jember karena berada di wilayah potensial perkebunan kopi, dan memiliki rekam jejak yang baik dalam pengajaran bidang perkebunan. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengembangkan  LKS dengan model Problem-Based Learning untuk SMK Perkebunan bertemakan kopi dan kakao yang valid, praktis ,  dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 fase yaitu: (i) Penelitian Awal (Preliminary Research), (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase), dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase).  Hasil dari penelitian ini adalah skor  hasil  validasi LKS dan lembar TPBA  yang memenuhi  kriteria valid, skor observasi aktivitas guru  yang memenuhi  kriteria praktis, serta skor TPBA, skor observasi aktivitas siswa, dan respon siswa  yang memenuhi  kriteria efektif.   Kata kunci:  LKS, Problem-Based Learning, Kopi dan Kakao. UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/3769