TY - JOUR AU - Oktavianingtyas, Ervin PY - 2015 TI - MEDIA UNTUK MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG DASAR MATEMATIKA SISWA JENJANG PENDIDIKAN DASAR JF - Pancaran Pendidikan; Vol 4 No 4 (2015) KW - N2 - Abstrak. Matematika yang bersifat abstrak menjadi salah satu penyebab siswa-siswa pada jenjang pendidikan dasar mengalami kesulitan dalam belajarnya. Anak-anak usia sekolah dasar masih berada dalam tahap berfikir formal, segala sesuatu dihubungkan pada sesuatu yang kongkrit. Pembelajaran matematika yang abstrak menyebabkan siswa SD yang berada pada tahap berfikir konkret memerlukan alat bantu berupa media dan alat peraga yang dapat memperjelas apa yang akan disampaikan oleh guru. Segala aspek yang dapat menunjang terciptanya pembelajaran yang efektif seperti media pembelajaran perlu dipersiapkan guru disesuaikan dengan karakter siswa di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode documenter. Terdapat beberapa media yang telah diciptakan dan terbukti dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa yang berhasil, serta dapat pula meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Hitung Dasar Matematika, diantaranya Gambar Tempel Berwarna, Wayang BILBUL,  Mistar Hitung, Alat Peraga Muatan Listrik, Kartu Bilangan, dan Koin Hitung. Kata Kunci: media, efektifitas pembelajaran, operasi hitung dasar matematika. UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2190