%A Susanti, Nawal ika %A Yulaida, Siswi %D 2015 %T ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMAHAMAN MATERI FUNGSI KOMPOSISI SISWA KELAS XI SEMESTER 2 MAN PESANGGARAN TAHUN PELAJARAN 2014-2015 %K %X Abstrak. Prestasi yang didapatkan oleh siswa tentunya merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Indonesia dan bagi dunia pendidikan matematika khususnya, tapi jika dilihat dari kenyataan yang ada, ternyata pada umumnya prestasi matematika siswa masih berada pada tingkat rendah. Salah satu materi matematika di kelas XI MAN Pesanggaran adalah fungsi k omposisi. Pada dasarnya materi ini memiliki peluang lebih besar untuk dipahami oleh siswa karena materi fungsi sudah mereka pelajari sejak SMP. Harapan materi ini dikuasai dengan baik masihlah belum tercapai. Masih ada beberapa siswa yang kesulitan dalam mengerjakan beberapa model soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) k esulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa kelas XI MAN Pesanggaran dalam memahami materi fungsi komposisi yang berkaitan dengan konsep dan prinsip, (2) f aktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas XI MAN Pesanggaran dalam memahami materi fungsi komposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penguasaan konsep, siswa masih mengalami kesulitan dalam membandingkan konsep dengan sifat fungsi komposisi dan hal ini berada pada kategori tinggi yaitu 80% , kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam penguasaan konsep adalah ketika siswa mengidentifikasi definisi sifat dengan contoh fungsi komposisi , di dalam penguasaan prinsip siswa masih mengalami kesulitan dalam membandingkan sifat-sifat fungsi komposisi dengan contoh soal yang berada pada kategori tertinggi yaitu 80% . F aktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pemahaman siswa kelas XI MAN Pesanggaran dalam mempelajari fungsi komposisi berasal dari faktor intern yaitu pada bakat siswa dengan kategori cukup (49%) , sedangkan faktor ekstern terletak pada kualitas guru yang meliputi penguasaan materi yang belum pas dengan keadaan siswa, kejelasan menerangkan, dan pada metode yang digunakan dalam proses pembelajaran pada kategori cukup (41%) serta  pada teman bergaul, dimana hal ini dilakukan teman sekelas yang mengganggu waktu belajar berlangsung pada kategori cukup (40%). Kata Kunci : Kesulitan Siswa, Fungsi Komposisi %U https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2182 %J Pancaran Pendidikan %0 Journal Article %P 99-112%V 4 %N 4 %@ 0852601X %8 2015-11-01