%A Siswanto, S %D 2015 %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ORGAN TUBUH MANUSIA (TORSO) PADA SISWA KELAS V SDN MANGGISAN 01 TANGGUL KABUPATEN JEMBER %K %X Abstrak . Dalam rangka untuk mencapai hasil yang maksimal, maka peningkatan mutu pendidikan harus di upayakan secara kontinyu (terus menerus), terencana dan bertahap. Salah satu upaya telah dilaksanakan ke arah tersebut dengan pengembangan metode dan strategi pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat merupakan salah satu penyampaian maateri secara spesifik sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga torso; aktivitas dan hasil belajar selama dan setelah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga torso berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Manggisan 01 dengan jumlah siswa 49. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu aktivitas dalam pengerjaan LKS siklus I 65% meningkat menjadi 77%, pembahasan LKS pada siklus I 67% meningkat menjadi 79%, hasil percobaan dan evaluasi meningkat sebesar 81%, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus dengan prosentase 68 meningkat menjadi 80 pada siklus II dan mencapai ketuntasan secara maksimal . Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga torso dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Manggisan 01 kecamatan Tanggul kabupaten Jember. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Alat Peraga %U https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1336 %J Pancaran Pendidikan %0 Journal Article %P 129-140%V 4 %N 1 %@ 0852601X %8 2015-02-01