UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI METODE PEMODELAN PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN BENTUK ALJABAR UNTUK MEMECAHKAN MASALAH, TERMASUK MASALAH ARITMATIKA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 1 MUMBULSARI

  • Achmad Fauzi FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Sebagai guru kita menyadari bahwa Matematika cenderung dipandang sebagai mata peljaran yang dianggap sulit, ditakuti dan kalau bisa dihindari oleh sebagian siswa. Padahal siswa seharus nya menyadari kemampuan berfikir logis, rasional, kritis, cermat dan efektif adalah menjadi ciri pengajaran matematika. Karena itu kreatifitas sebagai guru dalam mengajarkan matematika akan menjadi faktor kunci agar matematika menjadi pelajaran yang menarik didalam kelas, tidak lagi ditakuti dan dihindari. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana seorang guru bisa menjadikan siswa tertarik dalam mempelajarai matematika dengan cara memperbaiki cara pembelajaran, tekhnik mengajar dan lain-lain. Sehingga pada Kompetensi Dasar Menggunakan bentuk aljabar untuk memecahkan masalah, termasuk masalah aritmatika, akan lebih menarik dipelajari oleh siswa dan juga mudah dipahami. Selanjutnya kita akan tahu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas dalam menyelesaikan soal cerita. Sedangkan siswa yang menjadi obyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mumbulsari. Dari hasil penelitian terungkap bahwa masih banyak siswa yang masih merasa kesulitan untuk menyelesaikan soal cerita. Sehingga penulis tertarik untuk menelitinya, dan ternyata faktor utamanya adalah terletak bagaimana cara kita kita menyampaikan dan memberi metode pengerjaannya, Agar mudah dipahami oleh siswa. Dengan menggunakan metode pemodelan Matematika akan mempermudah siswa mengubah bentuk cerita ke dalam kalimat matematikan dalam bentuk aljabar.

Kata Kunci : Keterampilan Menyelesaikan Soal, Metode Pemodelan
Published
2014-04-01
How to Cite
FAUZI, Achmad. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI METODE PEMODELAN PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN BENTUK ALJABAR UNTUK MEMECAHKAN MASALAH, TERMASUK MASALAH ARITMATIKA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 1 MUMBULSARI. Kadikma, [S.l.], v. 5, n. 1, apr. 2014. ISSN 2686-3243. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1278>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/kdma.v5i1.1278.
Section
Articles