Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Kelompok Pembuat Kritcu BaBe di Desa Batu Belubang)

  • tiara ramadhani bangka belitung university

Abstract

Indonesia sebagai Negara Kesatuan dalam mewujudkan tujuan nasional tidak memandang Suku Bangsa, ras, dan agama. Artinya tujuan nasional melingkupi seluruh Rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Sehingga disini Pemerintah yang merupakan penyelenggara dan penggerak dalam mewujudkan tujuan nasional tersebut harus berperan aktif dan berkesinambungan untuk melaksanakan pembangunan nasional.


Pelaksanaan pembangunan di Indonesia pada hakekatnya adalah suatu proses memanusiakan manusia yang dihadapkan oleh sejumlah tantangan yang multidimensi. Salah satunya adalah permasalahan kemiskinan. kemiskinan adalah permasalahan yang tidak pernah ada penyelesaiannya dari waktu ke waktu. Pembangunan nasional tersebut diwujudkan melalui pembangunan ekonomi, yang tidak hanya memfokuskan pada kondisi fisik suatu wilayah, melainkan masyarakat dapat berpartisipasi dalam suatu proses pembangunan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui proses pemberdayaan masyarakat.


Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yaitu pemberdayaan masyarakat di Desa Batu Belubang Kabupaten Bangka Tengah yang dilakukan melalui komunitas pembuat kritcu (makanan olahan hasil laut khas Bangka Belitung). Dikatakan sebagai sebuah pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas adalah bahwa masyarakat menjadi mandiri dan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi, terutama kesejahteraan ekonomi keluarga mereka.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang terjadi di masyarakat. Sedangkan untuk jenis penelitian kualitatif dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data berasal dari ibu-ibu rumah tangga selaku pelaku UMKM dan aparat desa Batu Belubang dan artikel yang bersumber dari koran dan jurnal ilmiah.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk UMKM dari Desa Batu Belubang berjalan dengan baik dan berkembang dengan pesat, terlihat dari omset yang diperoleh setiap bulan oleh masing-masing anggota kelompok.


 


Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Komunitas, UMKM

Published
2021-06-17
How to Cite
RAMADHANI, tiara. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus Kelompok Pembuat Kritcu BaBe di Desa Batu Belubang). Journal of Social and Political Science, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 16 - 23, june 2021. ISSN 2615-0964. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsps/article/view/18619>. Date accessed: 07 july 2022.
Section
article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.