SEARCHING FOR PUBLIC VALUES IN LOCAL DEVELOPMENTALISM: HOW PAPUAN PEOPLE KEEP THEIR TRADITIONAL LIVELIHOOD

  • Herningsih Herningsih STKIP Muhammadiyah Sorong
  • Imam Nawawi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Akhmad Jayadi Universitas Airlangga

Abstract

Pembangunan di Papua terus berkembang, sekalipun terlambat dibanding pulau-pulau lain di Indonesia. Namun, masyarakat terus bertahan dengan memaksimalkan pengetahuan maupun nilai lokalitas yang sudah ada turun-temurun. Pengetahuan dan lokalitas ini sangat ramah lingkungan, sehingga pembangunan dan kehidupan ekonomi berjalan sinergis dengan alam. Masuknya modernitas menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat untuk mempertahankan pengetahuan dan kearifan lokal mereka. Politik dan pembangunan dari pusat kekuasaan kadang ikut menambah problem. Dengan dasar teori developmentalisme dan kearifan lokal, tulisan ini membicarakan nilai-nilai masyarakat dalam konteks pembangunan lokal, dan menunjukkan bagaimana masyarakat Papua bertahan dengan mata pencaharian tradisionalnya, sebagai bentuk konkrit model dan manifestasi pengetahuan dan nilai lokal. Penelitian menunjukkan bahwa sistem kekerabatan merupakan salah satu kearifan lokal dalam mempertahankan lingkungan alam dan sosial dari arus perubahan pembangunan.


Keywords: Papua, nilai lokal, pembangunan, ekonomi, lingkungan.

Published
2019-09-06
How to Cite
HERNINGSIH, Herningsih; NAWAWI, Imam; JAYADI, Akhmad. SEARCHING FOR PUBLIC VALUES IN LOCAL DEVELOPMENTALISM: HOW PAPUAN PEOPLE KEEP THEIR TRADITIONAL LIVELIHOOD. Journal of Social and Political Science, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 61 - 77, sep. 2019. ISSN 2615-0964. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsps/article/view/13644>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
article

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.