Implementasi Experiential Marketing pada Rangkum Cafe Jember

  • Tri Anggorowati Septianingsih Universitas Jember
  • Edy Wahyudi Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember
  • Dwi Windradini B.P. Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember

Abstract

Experiential marketing merupakan pendekatan pemasaran yang berfokus pada menciptakan pengalaman unik dan berarti bagi konsumen dengan tujuan membangun hubungan emosional yang kuat antara merek dan pelanggan. Salah satu pendekatan adalah experiential marketing, yang berfokus pada menciptakan pengalaman bagi konsumen. pengalaman pelanggan menjadi elemen kunci, penerapan strategi experiential marketing menjadi relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi experiential marketing diimplementasikan dalam Rangkum Cafe dan bagaimana berdampak pada loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik bisnis, pengamatan langsung di kedai Rangkum Cafe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rangkum Cafe berhasil menerapkan strategi experiential marketing dengan pendekatan unik, seperti menciptakan Morning Glory dan mengadakan acara Rangkum Pop-up di berbagai event. Peningkatan jumlah pelanggan, partisipasi dalam acara pop-up, tingkat interaksi di media sosial, dan umpan balik positif dari pelanggan menjadi indikator keberhasilan dari experiential marketing.


Kata kunci: experiential marketing, pemasaran, pengalaman bisnis

Published
2023-10-16
How to Cite
SEPTIANINGSIH, Tri Anggorowati; WAHYUDI, Edy; B.P., Dwi Windradini. Implementasi Experiential Marketing pada Rangkum Cafe Jember. Jurnal Strategi dan Bisnis, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 101-108, oct. 2023. ISSN 3025-4523. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/43479>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jsb.v11i2.43479.