Pengaruh sosial media marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen produk kosmetik wardah di Kabupaten Jember)

Pengaruh sosial media marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen produk kosmetik wardah di Kabupaten Jember)

  • Feny Indrawati Universitas Jember
  • Didik Eko Julianto Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember
  • Yuslinda Dwi Handini Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing, influencer marekting terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau memberikan beberapa lembar pernyataan untuk mengumpulkan data responden dengan jumlah responden sebanyak 120 orang. Responden diambil dari konsumen dari konsumen produk Kosmetik Wardah di Kabupaten Jember. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosial media marketing tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sementara influencer marketing memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan, semua variabel yakni sosial media marketing dan influencer marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
keputusan pembelian konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik Wardah di Kabupaten Jember)

Published
2023-06-07
How to Cite
INDRAWATI, Feny; JULIANTO, Didik Eko; HANDINI, Yuslinda Dwi. Pengaruh sosial media marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen produk kosmetik wardah di Kabupaten Jember). Jurnal Strategi dan Bisnis, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 75-86, june 2023. ISSN 2338-9575. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jsb/article/view/39562>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jsb.v11i1.39562.